PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Aplikasi Digital iKukar Solusi Pemenuhan Bahan Bacaan Bagi Masyarakat Kukar

Pemerintahan Kukar    2 minggu yang lalu   
Administrator    86 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG - Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Ahyani Fadianur Diani mengucapkan selamat kepada Ketua beserta jajaran dari Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Kabupaten Kukar yang telah dilantik Priode 2021 – 2024 di Aula Kantor Kearsipan dan Perustakaan Kukar, Rabu ( 12/1/2022).

 

Ahyani mengatakan, bahwa kondisi sosial masyarakat yang varian (keberagaman), penyebaran penduduk yang tidak merata dan kemampuan akses masyarakat yang rendah, merupakan salah satu faktor rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia. Hal ini akan menimbulkan ketimpangan dalam memperoleh berbagai informasi yang pada gilirannya menimbulkan kesenjangan intelektual maupun kesejahteraan. 

Di era reformasi IPI telah banyak mengalami perubahan, baik perubahan peluang atau tantangan. Berkembangnya berbagai jenis perpustakaan di era otonomi daerah merupakan peluang IPI dalam ikut berperan membantu dan bekerjasama dengan pemerintah untuk mempercepat meningkatnya minat baca masyarakat. Dalam melaksanakan misinya, "Ikatan Pustakawan Indonesia telah melakukan berbagai program dan kegiatan yang dalam pelaksanaannya dilakukan secara bersamaan dengan mitra kerja yaitu perpustakaan nasional dan instansi terkait serta berkolaborasi dengan organisasi profesi lainnya," tambah Ahyani.

 

 

Ikatan Pustakawan Indonesia Kukar secara struktural berjumlah 21 orang yang terdiri dari para jabatan fungsional pustakawan dan tenaga pengelola perpustakaan di lingkungan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kukar.  

 

 

Adapun Ikatan Pustakawan Indonesia Kabupaten Kukar yang dilantik priode 2021 - 2024 yaitu ketua Henni Marlina SP, Wakil Ketua Basri.A.Ma, Sekretaris H Abdul Aziez Rahman,S.Pdi, Bendahara : Ahmad Yani, Kesekretariatan Dahruliansyah, SE,Msi, Sri Wahyuni SH, Mida Israwardini serta dilengkapi dengan beberapa seksi yaitu Seksi Organisasi Keanggotaan, Seksi pengembangan Perpustakaan, Seksi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Pelatihan, Seksi Usaha Dana, Seksi Pengabdian Kepada Masyarakat dan Pengembangan Minat Baca, serta Seksi Hubungan Masyarakat.

 

Ahyani juga menambahkan untuk menjawab tantangan kemajuan teknologi saat ini, maka Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kukar pada 1 September 2020 telah merilis perpustakaan digital “iKukar”. Perpustakaan digital iKukar merupakan aplikasi perpustakaan yang memiliki versi android dan versi windows sehingga selain dapat diakses melalui smartphone juga bisa diakses memakai komputer (PC) yang bersifat online sehingga bisa dimanfaatkan oleh pemustaka yang tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Perpustakaan digital iKukar merupakan solusi bagi Pemkab Kukar melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan dalam memenuhi hak masyarakat untuk mendapatkan bahan bacaan yang mudah dijangkau, murah, dan bermutu sebagai solusi pemenuhan kebutuhan bahan bacaan bagi masyarakat Kukar ketika masa pandemi dan diharapkan dapat menjangkau seluruh wilayah Kukar, jelas Ahyani Fadianur Diani. ( Prokom 03 ).


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini97 pengunjung
Minggu Ini2.078 pengunjung
Bulan Ini8.032 pengunjung
Total Pengunjung132.857 pengunjung
Total Klik3.236.769 Kali