PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Asisten I Buka Pembekalan Pra Tugas "Pendekar Idaman"

Pemerintahan Kukar    2 minggu yang lalu   
Administrator    65 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG- Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Kutai Kartanegara (Kukar) Akhmad Taufik Hidayat membuka Pembekalan Pra Tugas bagi Tenaga Pendamping Pendamping Desa/Kelurahan (Pendekar) Idaman, di Hotel Harris Samarinda. Rabu (23/11).

 

Mendampingi Asisten I pada acara itu Kepala DPMD Kukar Arianto, Gugus Tugas Pendamping Desa Kukar Idaman, Koordinator Provinsi Tenaga Ahli Pendamping Profesional P3MD dari Kemndes. Pejabat struktural dan Fungsional Penggerak Swadaya Masyarakat Dinas PMD. Para Camat serta Peserta Pendamping Desa/ Kelurahan Kecamatan.

 

Membacakan sambutan Bupati, Asisten I menyampaikan apresiasi kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kukar yang telah memfasilitasi kegiatan ini, serta mengucapkan selamat kepada para tenaga pendamping yang dinyatakan lulus sebagai “Pendekar Idaman”, dan selanjutnya akan mengikuti pembekalan sebelum melaksanakan tugas.

 

Dikatakannya pendampingan menjadi salah satu langkah penting yang harus dilakukan untuk percepatan pencapaian kemandirian dan kesejahteraan masyarakat.

Kemandirian dan kesejahteraan masyarakat dapat dicapai diantaranya melalui peningkatan pengetahuan, sikap, keterampilan, perilaku, kemampuan, kesadaran serta memanfaatkan sumber daya sesuai esensi masalah dan prioritas kebutuhan masyarakat di desa dan kelurahan.

 

Adanya pendampingan di desa dan kelurahan oleh Tenaga Pendamping yang Profesional diharapkan dapat meningkatkan kapasitas, efektivitas dan akuntabilitas pemerintahan desa/kelurahan, meningkatkan prakarsa, kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan yang partisipatif, meningkatkan sinergi program pembangunan desa/kelurahan antar sektor, serta mengoptimalkan aset lokal.

 

Lebih lanjut dikatakannya, Pendamping Desa/Kelurahan “Pendekar Idaman” bertugas mendampingi Pemerintah dan Masyarakat Desa/Kelurahan, Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Kabupaten dalam pelaksanan Pembangunan Desa/Kelurahan di Kabupaten Kutai Kartanegara. Mulai tahap Perencanaan, Pelaksanaan, Pemeliharaan dan Pelestarian serta Evaluasi Pembangunan Desa/Kelurahan guna mempercepat capaian target Visi Misi Kukar Idaman Tahun 2021–2026, serta untuk mendukung sekaligus sebagai mitra kerja Tenaga Pendamping Profesional (TPP) P3MD dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Pendampingan Masyarakat Desa.

 

“Mari kita ambil peran sesuai kewenangan, tugas, fungsi dan potensi kita masing-masing, dalam rangka bersama-sama menjalin komunikasi yang baik dan sinergitas dengan seluruh pemangku kepentingan di dalam menciptakan kemajuan dan kemandirian Desa/Kelurahan,” pesannya.

 

Kepala DPMD Kukar Arianto dalam laporannya mengatakan peserta telah melalui tahap seleksi dan dinyatakan lulus. Dikatakannya acara yang berlangsung hingga 29 November itu penting untuk pembekalan Pendekar Idaman agar siap melaksanakan tugasnya di tempat masing masing.

 

“Salah satu tujuannya adalah untuk memperkuat semangat dan menyatukan persepi, dalam rangka percepatan pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat sesuai Kukar Idaman menuju kemandirian desa,” ujarnya.(Prokom04)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: http://localhost:8041

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini256 pengunjung
Minggu Ini2.750 pengunjung
Bulan Ini10.512 pengunjung
Total Pengunjung255.735 pengunjung
Total Klik11.846.744 Kali