PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Assisten I Setkab Kukar Serahkan Perbup Batas Desa Bagi 18 Desa

Pemerintahan Kukar    2 minggu yang lalu   
Administrator    66 Kali

Sumber Foto: Prokom

Tenggarong - Assisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setkab Kutai Kartanegara (Kukar) Akhmad Taufik Hidayat serahkan salinan Peraturan Bupati (Perbup) terkait batas wilayah bagi 18 desa yang berada di Kecamatan Loa Janan, Kecamatan Loa Kulu dan Kecamatan Tenggarong Seberang diruang rapat Assisten I Setkab Kukar, Jumat (19/2/2021).

 

Penyerahan dilakukan secara simbolis kepada perwakilan Kecamatan Loa Kulu dan Tenggarong Seberang.

 

Akhmad Taufik Hidayat mengatakan penyerahan tersebut merupakan bentuk tanggung jawab pemerintah daerah dalam memberikan kepastian terkait adminitrasi batas wilayah bagi desa.

 

Dirinya berharap kepada para camat yang telah menerima salinan perbup tersebut untuk mensosialisasikannya ke seluruh pemerintahan desa yang berada di kecamatan masing-masing. 

 

"Kita berharap teman-teman camat bisa mensosialisasikan perbub ini keseluruh pemerintahan desa, karena keberadaan perbub ini guna mempertegas batas wilayah adminitrasi antar desa, serta bisa digunakan diseluruh tingkatkan pemerintah, " ucap Akhmad Taufik Hidayat. 

 

Ditambahkannya, dirinya berharap seluruh desa yang telah memiliki Perbup batas wilayah desa tersebut bisa menggunakannya dengan sebaik-baiknya, sehingga perselisihan dan konflik yang terjadi dilapangan bisa diminimallisir. 

 

Namun menurutnya, apa bila ada ketidak sepahaman terkait batas wilayah antar desa yang telah disepakati tersebut dirinya meminta pihak-pihak yang berselisi bisa melakukan musawarah guna mecapai mufakat. Menurutnya apabila permasalahan tersebut masuk ke ranah peradilan akan berimbas pada kebijakan pembangunan pemerintah daerah di desa yang berkonflik tersebut.

 

"Kita berharap apabila ada perselisihan jangan sampai masuk ke ranah PTUN, karena akan berimbas pada implikasi kebijakan pemerintah daerah khususnya terkait anggaran dan pembangunan," ucapnya. 

 

Untuk diketahui, adapun desa yang telah memiliki Perbup batas wilayah tersebut ialaha Desa Batuah, Desa Loa Duri Ulu, Desa Loa Duri Ilir, Desa Bakungan dari Kecamatan Loa Janan. Desa Margahayu, Desa Jonggon Jaya, Desa Loa Kulu Kota, Desa Jembayan dari Kecamatan Loa Kulu. serta Desa Embalut, Desa Buana Jaya, Desa Perjiwa, Desa Kerta Buana, Desa Bangun Rejo, Desa Manunggal Jaya, Desa Karang Tunggal, Desa Loa Ulung, Desa Tanjung Batu dan Desa Bukit Raya dari Kecamatan Tenggarong Seberang. (Prokom07).


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini21 pengunjung
Minggu Ini1.072 pengunjung
Bulan Ini4.202 pengunjung
Total Pengunjung68.686 pengunjung
Total Klik1.766.225 Kali