PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Badan Litbang Pertanian RI Siap Dukung Program di Kukar

Pemerintahan Kukar    2 minggu yang lalu   
Administrator    550 Kali

Sumber Foto: Prokom

JAKARTA -Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian RI siap memberikan dukungan terhadap program Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) terkait pertanian dalam arti luas.

 

"Senang rasanya ada bupati yang konsen di pertanian. Dari sekarang sudah  menyiapkan pelan-pelan kawasan pertanian untuk persiapan ke depan. Mengingat Kukar yang kaya akan SDA nya akan segera habis, untuk itu perlu persiapan yang matang dalam pemikiran ke depannya," ungkap Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian RI Fadjry Djufry, pada acara penandatanganan MoU percepatan pembangunan pertanian dalam arti luas melalui penelitian dan pengembangan pertanian di Kabupaten Kukar, berlangsung di Aula pertemuan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian RI Jakarta, Senin (19/4).

 

Kukar akan menjadi  wilayah pengembangan IKN, dalam pembangunan pertanian tersebut apa yang menjadi keperluan Kukar  pihaknya siap membantu. Seperti halnya penelitian tanaman pangan, tanaman holtikultura, tanaman perkebunan, peternakan  dan veteriner serta lainnya.

"Kita mempunyai kurang lebih 1600 peneliti di seluruh Indonesia akan siap mensuport program yang akan dijalankan oleh Kabupaten Kukar dan kami siap membantu untuk mengekspose varietas beras lokal di Kukar menjadi unggulan nasional yang sudah dilakukan beberapa daerah di Indonesia," ucapnya.

 

Bupati Kukar Edi Damansyah menjelaskan, melalui program Kukar Idaman dalam rangka mewujudkan masyarakat Kukar yang sejahtera dan berbahagia, sektor pertanian adalah program  prioritas dengan kegiatan pembangunan 120 embung skala kecil, pembangunan/perbaikan 120 km jalan usaha tani, pembentukan unit usaha pertanian pada perusda dan BUMN desa termasuk koperasi petani, petani/nelayan milenial unggul dan revitalisasi sistem penyuluhan, peningkatan areal tanam jagung seluas 30 ribu ha, fasilitasi sarana/prasarana bagi 25 ribu nelayan dan pembangunan sentra industri kecil menengah. 

 

"Kawasan tanaman pangan padi sawah kini terdapat dikawasan Kecamatan Muara Kaman, Sebulu, Tenggarong Seberang, Loa kulu, Marangkayu dan  Tenggarong Seberang, untuk kawasan tanaman jagung terdapat di Kecamatan Kota Bangun dan Muara Wis," ujarnya.

 

Sedangkan untuk perkebunan tambah Edi Yang ada adalah perkebunan kelapa sawit, karet, lada dan kelapa dalam terdapat dibeberapa kecamatan diKukar. Kemudian untuk peternakan ada di kecamatan Muara Jawa, Samboja,Marangkayu, Tenggarong Seberang, Sebulu, Muara Kaman, Loa Kulu.dan Kota Bangun.

 

"Kami harap melalui kerja sama yang terjalin ini bisa memberikan manfaat bagi pertumbuhan pertanian dalam arti luas di Kukar mengingat Kukar adalah penyangga utama pangan di Provinsi Kaltim," pungkasnya.(Prokom06)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini74 pengunjung
Minggu Ini1.261 pengunjung
Bulan Ini5.023 pengunjung
Total Pengunjung78.270 pengunjung
Total Klik2.082.233 Kali