PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Batu Pertama Diletakan, Rumah Produksi Kopi Luak di Desa Prangat Baru Segera Dibangun

Pemerintahan Kukar    2 bulan yang lalu   
Administrator    67 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah didampingi Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setkab Kukar Wiyono melakukan peletakan Batu Pertama Pembangunan Rumah Produksi Kopi Luak di Kampung Luak, Desa Prangat Baru, Kecamatan Marang Kayu, Jumat (25/11/2022).

 

Bupati Edi mengatakan, melalui silaturahmi tersebut Pemerintah Daerah (Pemda) sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan tersebut. Hal ini juga merupakan salah satu Visi Misi Kukar Idaman dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. 

 

“Atas nama Pemda saya sangat menyambut positif dan mendukung penuh kegiatan ini, tentu dengan peletakan batu pertana pembangunan rumah produksi kopi luak ini akan menjadi langkah awal untuk memulai kegiatan yang lebih besar kedepannya, serta memberikan harapan bahwa nantinya rumah produksi ini akan meningkatkan pendapatan dan perekonomian bagi masyarakat,” jelasnya. 

 

Pemkab Kukar juga terus mendorong pemberdayaan masyarakat sebagai pelaku langsung dalam meningkatkan kesiapan dan kepedulian dalam menyikapi potensi pertanian mau pun pariwisata di wilayah mereka.

 

Khususnya dalam pengembangan tanaman kopi dengan mengemas perkebunan kopi menjadi destinasi wisata. Tentu dengan memaksimalkan potensi yang ada dapat menarik masyarakat mau pun wisatawan untuk berkunjung, dan menikmati kopi luak secara langsung.

 

“Ini kolaborasi yang baik antar pemerintah desa dan kelompok kebun kopi luak, yang juga jeli melihat potensi yang ada dan sadar akan peluang dan kesiapan menangkap manfaat yang dapat dikembangkan dari perkebunan kopi luak untuk menarit minat masayakat pengunjung dan wisatawan untuk berkunjung menikmati kopi luak serta wisata yang ada, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat khususnya di Desa Prangat Baru,” sebutnya. 

 

Ia juga meminta doa agar pembangunan ini berjalan lancar dan cepat selesai sehingga nantinya bisa segera beroperasi. “Harapan kita, setelah pembangunan rumah produksi kopi luak ini akan dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam pengembangan kopi dan menjadi destinasi wisata yang dapat meningkatkan PADes,” harapnya. 

 

Sementara itu, Kades Prangat Baru, Fitriani mengatakan, saat ini peluang ekonomi yang dapat diambil oleh desa prangat baru dalam percepatan pertumbuhan ekonomi daerah. Yakni dengan mengembangkan sektor pertanian dan pariwisata salah satunya dengan meningkatkan kualitas pengembangan kopi luak. 

 

“Kita terus menggali potensi di desa, bagaimana untuk meningkatkan pendapatan desa, mak dari itu terus kita lakukan pengembangan kampung kopi luak menjadi destinasi wisata guna meningkatkan pendapatan asli desa,” ucapnya. 

 

Turut mendampingi Bupati Kukar Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setkab Kukar Wiyono, Kadis Perkebunan Kukar Taufik, Kadis pertanian dan Peternakan Kukar Sutikno, Kadis Perindustrian dan Perdagangan Kukar Arfan Boma Pratama dan stakeholder terkait. (Prokom09)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: http://localhost:8041

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini40 pengunjung
Minggu Ini2.820 pengunjung
Bulan Ini11.604 pengunjung
Total Pengunjung275.668 pengunjung
Total Klik12.542.332 Kali