PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Buka Rakor Tahapan Pelaksanaan Pemilu Tahun 2024, Wabup Ingatkan Agar Jaga Kondusifitas

Pemerintahan Kukar    1 bulan yang lalu   
Administrator    80 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG - Wakil Bupati (Wabup) Kutai Kartanegara Rendi Solihin membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Koordinasi Tahapan Pelaksanaan Pemilu DPR, DPD, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten serta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden tahun 2024.

 

Rakor yang berlangsung di Ruang Serba Guna Kantor Bupati Kukar, Senin (8/8/2022) diihadiri Kapolres, Dandim Bontang, Ķetua KPU Kabupaten Kukar, Ketua Bawaslu Kukar, Ketua Partai Politik Se-Kabupaten Kukar.

 

Dalam sambutannya Rendi mengatakan, pelaksanaan pemilu dan pilkada, disamping mempunyai nilai positif, didalamnya terdapat juga ekses terjadinya konflik, tindak kekerasaan dan lain-lain termasuk politik uang yang menghambat pendidikan politik rakyat.

 

"Hal ini dikarenakan adanya kompetisi yang tidak hanya melibatkan antar partai politik tetapi juga antar figur calon itu sendìri. Salah satu dampak negatif tersebut antara lain karena belum dipahaminya ketentuan secara substantif dan normatif terhadap nilai-nilai demokrasi," katanya.

 

Lebih lanjut Rendi mengatakan, partisipasi masyarakat merupakan hal yang penting dalam demokrasi salah satu barometer keberhasilan pelaksanaan pemilu adalah tingginya tingkat partisipasi pemilih. Dari beberapa kali pelaksanaan pemilu di Kukar terhitung tingkat partisipasi masih rendah di bawah 77,05 persen.

 

Partisipasi politik masyarakat tidak terbatas pada hak memilih pada pemilu dan pemilihan tetapi juga dalam bentuk penggunaan hak dan kebebasan ataupun hak asasi untuk mempengaruhi penyelenggara negara dalam membuat dan melaksanakan kebijakan publik, sistem partisipasi politik masyarakat yang perlu dibangun adalah setiap warga negara yang telah memenuhi persyaratan sesuai ketentuan untuk memilih dan dipilih.

 

"Saya ingatkan juga kepada seluruh ASN di Kukar untuk menjaga netralitas dalam pelaksanaan seluruh tahapan pemilu tahun 2024," imbuhnya.

 

Kondusifitas daerah juga merupakan syarat utama dalam menjamin berjalannya seluruh proses kehidupan masyarakat dan pembangunan.

 

"Untuk itu saya mengharapkan agar selalu menjaga kondusifitas dalam rangka turut menjaga dan kondisi daerah kita yang sudah cukup kondusif," pungkasnya.

 

Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik(Kesbangpol) Kukar Rinda Desianti mengatakan, tujuan dilaksanakannya rakor ini untuk menyamakan persepsi antara aparatur dalam berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu dalam memberikan dukungan kelancaran pemilu 2024, meningkatkan partisipasi pemilihan umum di Kukar. 

 

Adapun peserta yang hadir mengikuti Rakor Forum Tahapan Pelaksanaan Pemilu yaitu OPD dilingkungan Pemkab Kukar, Camat Se-Kukar, Ketua, Sekretaris, Bendahara Partai Politik yang terdaftar di Kukar (Prokom-02)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: http://localhost:8041

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini291 pengunjung
Minggu Ini3.102 pengunjung
Bulan Ini12.530 pengunjung
Total Pengunjung230.380 pengunjung
Total Klik10.106.115 Kali