PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Bukti Legalitas Melaut, 186 Nelayan Terima Sertifikat Atau Surat Keterangan Kapal

Pemerintahan Kukar    2 bulan yang lalu   
Administrator    82 Kali

Sumber Foto: Prokom

Tenggarong- Wakil Bupati (Wabup) Kutai Kartanegara (Kukar) H. Rendi Solihin dalam kunjungannya ke Kecamatan Samboja, selain menyerahkan bantuan untuk rumah ibadah juga berkesempatan turut menyerahkan secara simbolis sertifikat atau surat keterangan kapal bagi para nelayan yang dikeluarkan Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KPLP) Kelas III Kuala Samboja, Jumat (13/05/22). 

 

Sebanyak 186 sertifikat atau surat keterangan kapal diserahkan kepada para nelayan Kelurahan Kuala Samboja. Namun sebelum diserahkan secara simbolis, sertifikat tersebut terlebih dahulu   oleh  kepala KPLP Kuala Samboja, Capt. M. Ridha R diserahkan kepada Wabup H. Rendi Solihin kemudian diserahkan kepada yang berhak menerima. 

 

Kepala KPLP Kuala Samboja, Capt. M. Ridha R mengatakan sertifikat yang dibagikan kepada para nelayan Kuala Samboja merupakan pemberian sertifikat gratis ini merupakan program dari pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal (dirjen) Perhubungan Laut. 

 

"Kami sebagai penyambung didaerah (unit pelaksana teknis) UPT menyerahkan langsung kepada masyarakat nelayan" Ujarnya. 

 

Disebutkannya dalam undang-undang nomor : 17 tahun 2008 tentang  Pelayaran, bahwa setiap kapal yang melaut harus dilengkapi dengan dokumen kapal. 

 

"Program ini gratis tidak dipungut biaya, juga tidak dikenai biaya pajak, jadi  kalo nanti ada pungutan - pungutan, laporkan saja ke kami" Sebutnya. 

 

Capt. Ridha juga mengucapkan terimakasih pada pemerintah kecamatan Samboja yang telah membantu melakukan pendataan kapal-kapal yang ada di Kuala Samboja,  sehingga pelaksanaan pengukuran kapal berjalan aman, lancar dan terkendali. 

 

"Ini berkat dukungan dari Pemda setempat,  khususnya pak camat dan pak lurah,  serta para nelayan atas partisipasinya mendukung program ini" Ujar Ridha.

 

Ridha juga melaporkan di akhir 2021 dan awal 2022, timnya bekerja sama dengan pemerintah Kecamatan Samboja telah melakukan pengukuran kapal sekitar 186 buah secara gratis, dan akan selalu mendata kapal-kapal yang mana yang akan diukur. 

 

"Berkat dukungan dari saudara - saudara kami para koordinator nelayan yang sangat mendukung kegiatan ini, jadi dari akhir 2021 dan awal 2022 hingga hari ini sekitar 186 sertifikat yang kita bagikan" Tambah nya. 

 

Sementara itu Wabup H. Rendi mengapresiasi KPLP III Kuala Samboja yang telah melakukan pengukuran kapal hingga diterbitkan dan diserahkan nya sertifikat kapal ini. Wabup berharap sertifikat ini dapat dipergunakan dan dijaga dengan baik, sebagai legalitas dalam melakukan aktivitasnya, sehingga mempunyai kekuatan hukum. 

 

"Mudah - mudahan dengan kepemilikan sertifikat ini dapat memacu semangat para nelayan untuk melaut, karena dengan adanya sertifikat ini tidak takut lagi adanya pungutan - pungutan" Harapnya. (Prokom01). 


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kopidoni.com

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini50 pengunjung
Minggu Ini2.927 pengunjung
Bulan Ini11.790 pengunjung
Total Pengunjung210.875 pengunjung
Total Klik9.131.998 Kali