PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Bupati Hadiri Penandatanganan Mou Transaksi Non Tunai dan PKS integrasi ATKP dan SIMDA

Pemerintahan Kukar    1 bulan yang lalu   
Administrator    217 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah menghadiri penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Transaksi Non Tunai dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Integrasi Aplikasi Transaksi Keuangan Pemda (ATKP) dan Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) antara Pemkab Kukar, BPKP Perwakilan Provinsi Kaltim, dan Bank Kaltimtara. Serta Launching Implementasi Sistem Pembayaran SKPD Terintegrasi ATKP SIMDA di Pendopo Odah Etam, Kamis (2/12).

 

Bupati Edi Damansyah dalam sambutannya menyampaikan,

Penandatanganan kesepakatan dan perjanjian kerjasama ini dalam rangka memfasilitasi proses penatausahaan dan pembayaran yang dilakukan oleh Bendahara Pengeluaran SKPD dan Kuasa BUD sesuai dengan UU 23/2014 tentang Pemerintah Daerah. Bahwa pengelolaan keuangan daerah dilakukan secara tertib taat pada peraturan perundang-undangan, efisien, ekonomis , efektif, transparan dan bertanggung jawab.

 

Kemudian dijelaskan Bupati, layanan ATKP-SIMDA merupakan aplikasi online yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan transaksi perbankan. Aplikasi ini akan memudahkan pengguna aplikasi perbankan khususnya OPD dalam transaksi non tunai agar semakin memudahkan proses transfer kepada penyedia jasa ataupun rekanan.

 

"Manfaat transaksi melalui ATKP dan SIMDA ini, secara internal adalah untuk mengetahui aliran seluruh transaksi, sehingga lebih akuntabel. Setiap transaksi didukung bukti - bukti yang sah, mengendalikan kas dan mewujudkan tertib administrasi atas pengelolaan kas, menghasilkan laporan posisi kas secara riil," ungkapnya.

 

Bupati juga mengingatkan, kepada Sekretaris Daerah serta kepala Perangkat Daerah (OPD) dan semua pengelola keuangan daerah dilingkungan Pemkab Kukar untuk terus memacu diri menetapkan langkah untuk memantapkan Birokrasi yang bersih, efektif, efisien dan melayani melalui digitalisasi Pelayanan Publik (DISAPA).

 

"Saya berharap program ataupun aplikasi ini dapat memberikan peningkatan kualitas layanan pengelolaan keuangan daerah, setiap bendahara dan pengelolaan keuangan di semua Satuan Kerja Pengelola Keuangan Daerah (SKPKD) harus dapat memahami sistem ATKP -SIMDA ini, yang berguna dalam menertibkan dan mengontrol mitigasi uang yang masuk dan keluar di kas daerah," harapnya.

 

Penandatanganan juga dihadiri Sekretaris Daerah Kukar H Sunggono, Dirut Bankaltimtara, Kepala BPKP Perwakilan Kaltim, para Kepala Perangkat Daerah dilingkungan Pemkab Kukar. (Prokom02)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini95 pengunjung
Minggu Ini2.076 pengunjung
Bulan Ini8.030 pengunjung
Total Pengunjung132.855 pengunjung
Total Klik3.236.662 Kali