PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Bupati Kukar Audiensi Bersama Dirjen Pengembangan Ekonomi dan Investasi

Pemerintahan Kukar    2 minggu yang lalu   
Administrator    92 Kali

Sumber Foto: Prokom

Samarinda – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah melakukan audensi dengan Dirjen Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa Kemendes PDTT Harlina Sulistyorini terkait dengan perkembangan revolusi jagung di kabupaten Kukar yang dilaksanakan oleh PT Megah Utama Mentari (MUM). Kegiatan tersebut berlangsung di Ballroom Emirald Hotel Mercure Samarinda, Senin (11/10).

 

Tampak hadir Direktur Pelayanan Investasi Supriadi, Anggota DPRD Kukar Eko Wulandanu, Plt Asisten II Setkab Kukar Wiyono, Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi Hardi Dwi Putra, Kabag Prokom Ismed, serta Yolanda Perwakilan PT MUM.  

 

Edi mengatakan, Pemkab Kukar telah mentargetkan program satu juta lebih tanam jagung di Kukar. Ditargetkan minimal 30 ribu hektar. Pihaknya ingin berkontribusi dengan target nasional yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo. Saat ini telah diidentifikasi ada sekitar 16 ribu hektare lahan yang sudah diidentifikasi dan dikembangkan di dibeberapa kecamatan dengan pola skema investasi atau kemitraan.

 

Bupati ingin pola investasi yang dilakukan oleh PT MUM dengan pola kemitraan dengan masyarakat, apapun kondisi yang dihadapi. PT MUM sudah diarahkan untuk mengerjakan 1.900 hektar dulu. 

 

"Intinya dibangun terus pola kemitraan, dan harus bisa menunjukan hasilnya kepada masyarakat. Apabila sudah berhasil dengan baik, Insyallah masyarakat akan mudah kita melakukan pendekatan sekaligus menarik mereka kedalam program yang kita jalankan," ujar Edi.

 

Dia menyebut sangat mendorong PT MUM dengan pola kemitraannya yang harus berjalan. Pemkab Kukar bersama jajaran terkait, tegas Edi, akan menjadi garda terdepan dalam menindak lanjuti penangannya. 

 

Pola penanganan di luar 1.900 hektare yang masih dalam kawasan 5.078 hektare dan ini harus terdata dengan baik. Pemkab Kukar akan mensosialisasikan dan mengedukasi bahwa lahan yang dikuasai masyarakat adalah lahan HPL, sebab sudah diidentifikasi hanya ada beberapa surat keterangan yang dikeluarkan dan ini memang perlu proses. 

 

Pihaknya juga akan mendorong pengembangan pemanfaatan lahan sekaligus kita mengakui keberadaan mereka disana, namun disisi lain pola kemitraan ini harus dijelaskan bahwa lahan ini berada di lahan HPL.

 

Edi juga berharap PT MUM bisa berkolaborasi dengan masyarakat, para pengelola BUMDes di sekitar wilayah beroperasinya, walaupun ada beberapa kendala yang berkaitan dengn sumber daya manusia SDM, maupun sisi permodalannya. 

 

Mudah-mudahan melalui pengembangan skema pemanfaatan HPL dan pengembangan kawasan lahan eks transmigrasi ini,ada dunia usaha, pemerintah, BUMDes dan masyarakat menjadi role model dalam pemanfaatan lahan bersama sekaligus adanya pembelajaran kepada masyarakaat bahwa ada aset negara yang digunakan sekaligus ada kontribusi yang diberikan kepada negara.

 

Harlina Sulistyorini menyambut baik kegiatan ini. Sesuai dengan tugasnya yaitu menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pengembangan ekonomi dan investasi desa, daerah tertinggal, dan transmigrasi sekaligus sebagai pengembangaan Gernas BBI. 

 

Pihaknya juga akan memberikan bimbingan teknis dan supervisi di bidang perencanaan teknis pengembangan ekonomi dan investasi, serta promosi dan pemasaran produk unggulan desa, daerah tertinggal, dan transmigrasi khususnya bagi BUMDes di daerah.

 

Dia mengungkapkan, masih banyak BUMDes di Kaltim yang belum berkembang. Dari 12 BUMDes yang terlibat di PT MUM, baru 7 BUMDes yang mendaftarkan namanya. Artinya dari segi administrasi BUMDes masih belum siap dan pihaknya akan memberikan bimbingan teknis bagi pengelola BUMDes di Kukar. 

 

"Terkait dengan transmigrasi, ada di Dirjen Transmigrasi. Sedangkan pengembangan ekonomi investasi berada di Direktorat Investasi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi semua lokus yang ada di tiga kluster menjadi tanggung jawab mereka," ujar Harlina.

 

Dia juga berharap agar hasil produksi program Revolusi Jagung dapat meluas seperti yang diharapkan Bupati, kemudian kerjasama bersama antar Bumdes diharapkannya dapat ditindaklanjuti.

 

"Sekaligus dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat dan pendapatan Kabupaten Kukar," harap Harlina.(Dokpim03)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini211 pengunjung
Minggu Ini1.924 pengunjung
Bulan Ini6.394 pengunjung
Total Pengunjung110.277 pengunjung
Total Klik2.881.838 Kali