PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Bupati Kukar Datangi Titik Banjir Kembang Janggut, Ketersediaan Sembako Dipastikan Aman

Pemerintahan Kukar    1 bulan yang lalu   
Administrator    79 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah turun ke lapangan mendatangi beberapa titik banjir di Kecamatan Kembang Janggut pada Kamis (26/5). Dia didampingi Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kukar Hamly, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kukar Maman Setiawan, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Ahmad Junaidi, Kepala Dinas PU Kukar Wisnu Wardhana, Plt Kepala BPBD Kukar Edi Mardian, Camat Kembang Janggut Tego Yuwono, Danramil dan Polsek Kembang Janggut

 

Beberapa titik banjir yang didatangi diantaranya di Desa Kelekat, Hambau dan Genting Tanah. Dengan berjalan kaki menerobos arus deras banjir di beberapa titik ini, bupati dan rombongan memberikan bantuan dan menyemangati warga yang masih terkepung genangan air hingga saat itu. Saat itu diketahui ada sebanyak 9376 jiwa di 11 desa Kembang Janggut terdampak banjir ini. Edi ingin memastikan pasokan makanan warga yang terdampak terpenuhi mengingat banjir ini menimbulkan ancaman kelangkaan sejumlah barang, salah satunya bahan makanan pokok. 

 

"Karena ada isu bahwasanya adanya kelangkaan bahan makanan di Kecamatan Tabang dan Kembang Janggut langka,  jadi kami pastikan hari ini semua cukup tidak kekurangan," ujarnya. 

 

Dalam hal memberikan bantuan sembako kepada warga, Pemkab Kukar telah berkolaborasi dengan PT Rea Kaltim Plantation dan Bayan Group memberikan bantuan sembako kepada masyarakat. Dijelaskannya bahwa ada beberapa titik di sama yang mengalami kelangkaan elpiji tiga kilogram, ini bakal segera teratasi oleh dinas terkait untuk upaya pemasokannya ke wilayah ini. 

 

Dia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang berkontribusi seperti Kodim 0906/kukar, Polres kukar, Danramil, Kapolsek, Camat, Kades, RT dan Tim BPBD Kukar yang sigap di lapangan menyediakan sarana dan prasarana. 

"dan secara psikologis warga masyarakat di sini sudah kuat menghadapi hal ini. Seperti kami lihat tadi, masyarakat sudah siap dengan membuat para-para atau panggung di dalam rumah," jelasnya. 

 

Terkait dengan para-para atau panggung yang dibangun di dalam rumah warga untuk mengantisipasi banjir, Edi meminta Dinas Perkim mempelajari alternatif lain agar para-para tersebut dibuat menjadi lebih praktis dengan bahan alumunium.

Sehingga, saat banjir melanda, masyarakat dapat membongkar pasang panggung ini secara praktis. 

 

Menurut Edi, faktor geografis di zona hulu Kukar ini menyebabkan banjir akan selalu menjadi permasalahan di setiap tahunnya. 

Di mana ketika terjadi banjir di Tabang, maka air yang surut akan mengalir ke kecamatan yang lebih rendah seperti Kembang Janggut dan Kenohan, sehingga menyebabkan fenomena banjir kiriman. 

 

Dahulu, kata dia, siklus banjir di wilayah ini biasa terjadi tiga atau empat tahun sekali. Kini dalam satu tahun saja sudah tiga kali terendam banjir, dan kali ini yang terparah.  

"Memang fenomena alam susah dicermati, tidak bisa dianalisis. Tapi harus dimaknai dari sisi lahiriahnya bahwa kita harus berikhtiar dengan baik dan kita harus tawadhu lagi untuk mensyukuri," ujarnya. 

 

"Melalui kejadian ini, kita bisa menyadari agar bisa berbuat baik lagi dengan lingkungan sekitar," pungkasnya. (Prokom06)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kopidoni.com

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini376 pengunjung
Minggu Ini3.172 pengunjung
Bulan Ini13.281 pengunjung
Total Pengunjung196.908 pengunjung
Total Klik7.787.906 Kali