PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Bupati Kukar Edi Damansyah Dorong Penuntasan Persoalan Pertanian

Pemerintahan Kukar    2 bulan yang lalu   
Administrator    80 Kali

Sumber Foto: Prokom

Tenggarong - Gapoktan Mitra Tani Desa Bhuana Jaya bersama Bupati kukar Edi Damansyah melakukan panen padi bersama dan syukuran, di Lokasi Kelompok Tani Sri Lemah Sejati, Dusun Pulau Mas, Desa Bhuana Jaya, Senin, 29/8/2022.

 

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan serah terima pengelolaan hasil pekerjaan kegiatan rehabilitasi jaringan irigasi tersier APBN-TP TA 2022 Gapoktan Mitra Tani Desa Bhuana Jaya kec. Tenggarong Sebrang dengan panjang 242,60 Meter oleh Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah kepada Wagisan Gapoktan Mitra Tani Desa Bhuana Jaya dan juga dilakukan rembuk tani untuk membahas masalah dan kesulitan apa yang dialami petani di lapangan.

 

Bupati Kukar Edi Damansyah mengajak seluruh stakeholder untuk sama-sama menuntaskan permasalahan pertanian khususnya pada lahan tanam seperti sawah di Kutai kartanegara dengan menuntaskan masalah utama yaitu jalan usaha tani dan jaringan irigasi.

 

“Saya ingin semua bekerja dan kerjaan ini tuntas hingga ke akarnya, saat ini persoalan utama yang dihadapi petani hanya 2 yaitu jalan usaha tani dan jaringan irigasi dengan begitu maka dibuatlah program program 120 kilo jalan usaha tani dan 120 embung untuk menyelesaikan masalah yang seperti ini dan untuk daerah ini ada 3 perusahan yang terlibat dan bisa saling bersinergi untuk menuntaskan masalah tersebut,” imbuhnya.

 

Edi juga meminta kepada seluruh stakeholder yang terlibat untuk dapat terus memperbaharui data dan merapikannya dengan baik agar jika diperlukan bukan hanya pemerintah daerah yang dapat menggunakan tetapi juga data tersebut bisa digunakan oleh perusahaan maupun kementerian untuk dapat memberikan bantuan yang diperlukan masyarakat.

 

Saat ini hilir pertanian seperti pelatihan dan pengelolaan pangan maupun produksi sudah dilakukan baik oleh pemerintah daerah maupun perusahaan dan saat ini yang harus di pikirkan adalah hulunya yaitu pemasaran hasil produk dengan kualitas pasar.

 

“Saya ingin semua perusahaan di kutai kartanegara bisa menggunakan produk lokal dalam kegiatan sehari-hari seperti beras, sayur mayur maupun telur dan produk daging seperti ayam, sapi dan ikan juga produk-produk hasil dari UKM-UKM yang ada disekitarnya,” pinta Edi.

 

Dia berharap setiap desa bisa menguatkan Bumdes atau pun koprasi desa agar hasil dari produk masyarakat desanya bisa di pasarkan oleh Bumdesnya. “ Gunakan teknologi agar bisa mengembangkan produk olahan desa dengan baik dan para perusahaan harus gunakan produk lokal agar kesejahteraan masyarakat sekitar bisa meningkat juga cita-cita Kutai kartanegara menjadi lumbung pangan Kaliamantan timur bisa segera terwujud,” harap Edi

 

Diakhir Edi memberi semangat kepada Ibu-Ibu KWT untuk terus menanam “Jangan kendor semangatnya untuk menanam karena tanamlah tanam apa yang kita makan dan makanlah makanan apa yang kita tanam,”imbuhnya mengakhiri (Prokompim08)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: http://localhost:8041

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini143 pengunjung
Minggu Ini2.442 pengunjung
Bulan Ini9.933 pengunjung
Total Pengunjung252.041 pengunjung
Total Klik11.662.733 Kali