PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Bupati Paparkan RDTR Kawasan Perkotaan Tenggarong pada Kemen ATR/BPN RI

Pemerintahan Kukar    1 minggu yang lalu   
Administrator    106 Kali

Sumber Foto: Prokom

JAKARTA - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah memberikan paparan tentang lintas sektor rencana detail tata ruang kawasan perkotaan Tenggarong Tahun 2021 - 2024 pada acara rapat koordinasi pembahasan Rancangan Peraturan Bupati (Raperbup) tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) beberapa kabupaten yang dipimpin oleh Plt Dirjen Tata Ruang Abdul Kamarzuki, di The Ritz Carlton Hotel Pacific Place SCBD Jakarta, Senin (22/11/21).

 

Edi Damansyah menyampaikan, Kukar sebagai bagian dari Pusat Kegiatan Nasional (PKN) perkotaan Tenggarong memiliki peran strategis sebagai kota penyebar kegiatan ekonomi wilayah Kukar. Berbagai macam daya tarik wisata yang dimiliki perkotaan Tenggarong menjadi tujuan utama masyarakat Kukar untuk berekreasi dan mencari hiburan. 

 

Pemanfaatan lahan di wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) Mahakam yang memiliki kemiringan datar sampai landai dengan curah hujan tinggi dan penyebaran merata sepanjang tahun cocok untuk pengembangan perikanan, pertanian, tanaman pangan dan perkebunan. 

 

Perubahan penggunaan lahan yang cepat diakibatkan oleh pertumbuhan penduduk yang pesat. Perubahan fasilitas umum di kawasan perkotaan juga mempengaruhi arah pergerakan baik secara transportasi, penduduk dan perubahan penggunaan lahan.

 

"Adapun perubahan fasilitas umum itu yaitu, RSU AM Parikesit dipindah ke Tenggarong Seberang, eks RSU AM Parikesit menjadi fasilitas rehabilitasi kementerian HAM," jelasnya.

 

Edi melanjutkan, penataan wilayah perencanaan Tenggarong bertujuan untuk mewujudkan perkotaan Tenggarong sebagai pusat pemerintahan Kabupaten, pusat perdagangan, jasa dan pariwisata regional yang maju, mandiri, yang didukung penyediaan prasarana sarana pelayanan yang memadai dan mendukung pelestarian lingkungan, nilai sejarah dan budaya masyarakat setempat.

 

Ia berharap melalui forum lintas sektor agar segera terbit persetujuan substansi rancangan peraturan kepala daerah tentang RDTR perkotaan Tenggarong itu.

 

"Masyarakat dan Pemda sangat berkeinginan agar (rancangan, red) Perkada RDTR kawasan perkotaan Tenggarong dapat segera menjadi Perkada, sehingga ada panduan dan kepastian hukum dalam pembangunan," ujarnya. 

 

Dia berharap Perda RDTR ini menjadikan program pembangunan lebih terarah dan investasi akan lebih mudah masuk ke perkotaan Tenggarong.

 

"Terutama melalui RDTR dengan program Online Single Submission (OSS) dan perkotaan Tenggarong siap menerima investasi melalui RDTR,"pungkasnya.

 

Acara dirangkai pemberian cinderamata dari Bupati Kukar Edi Damansyah kepada Plt Dirjen Tata Ruang Abdul Kamarzuki. Acara tersebut juga dihadiri oleh Plt Asisten II yang juga Kepala Bappeda Kukar Wiyono, Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kukar Setianto Aji Nugroho, dan Kabid Tata Ruang Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten Kukar Edi Santoso.(Prokom 06).


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini126 pengunjung
Minggu Ini1.962 pengunjung
Bulan Ini7.443 pengunjung
Total Pengunjung118.880 pengunjung
Total Klik3.021.715 Kali