PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Bupati Resmikan WTP Air Bersih di Desa Mulawarman, Bentuk Komitmen Pemkab Kukar Memenuhi Kebutuhan Dasar

Pemerintahan Kukar    1 minggu yang lalu   
Administrator    51 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG - Keberadaan dunia usaha yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memiliki tanggung jawab bersama, sebagai mitra pemerintah membantu kebutuhan dasar masyarakat. Salah satunya dilakukan oleh PT. Jembayan Muarabara (JMB) dan Kayan Putra Utama Coal (KPUC) dengan menyediakan Water Treatment Plant (WTP) atau sistem Instalasi Pengelolaan Air Bersih bagi masyarakat Dusun Karya Harapan RT.16 Desa Mulawarman, Kecamatan Tenggarong Seberang.

 

Keberadaan WTP tersebut mendapat apresiasi dari Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan, penyediaan sarana kebutuhan dasar masyarakat berupa air bersih sangat dibutuhkan dan kepedulian kedua perusahaan tersebut patut jadi contoh bagi perusahaan lainnya yang ada di Kukar.

 

"Saya mengapresiasi atas sumbangsih dan kepedulian  dunia usaha JMB dan KPUC di Desa Mulawarman yang turut membantu pemerintah dalam penyediaan WTP bagi masyarakat setempat," kata Edi Damansyah usai meresmikan WTP di Dusun Karya Harapan, Mulawarman, Rabu (22/06/2022).

 

Menurut bupati Edi Damansyah ketersediaan air bersih bagi masyarakat adalah kebutuhan mutlak. Pemanfaatan air bersih tidak hanya untuk kebutuhan rumah tangga saja, tetapi juga untuk fasilitas kesehatan, fasilitas pelayanan sosial ekonomi, maupun fasilitas umum lainnya.

 

Terkait kebutuhan yang beragam tersebut maka ketersediaan air yang memenuhi standar, baik dari segi kualitas, kuantitas, maupun kontinuitasnya, menjadi hal yang sangat berpengaruh, sebab menjadi salah satu penentu peningkatan kesejahteraan masyarakat, dalam meningkatkan derajat kesehatan dan mendorong peningkatan produktivitas masyarakat sehingga aspek perekonomian masyarakat dapat bertumbuh.

 

"Sebagai bentuk komitmen penyediaan air bersih bagi masyarakat, Pemkab Kukar terus mendorong agar perusahaan yang beroperasi di wilayah Kukar sebagai mitra pemerintah dalam Forum TJSP agar lebih bersinergi. Terutama, untuk mendukung serta memfasilitasi tercapaianya 100 persen visi-misi Kukar Idaman menuju masyarakat Kukar yang sejahtera dan berbahagia," ujarnya.

 

"Saya berharap bantuan WTP ini dapat berfungsi untuk mengolah air dari kualitas air baku (influent) terkontaminasi untuk mendapatkan perawatan kualitas air yang diinginkan sesuai standar mutu atau siap untuk dikonsumsi," tambahnya.

 

Sementara itu Kades Mulawarman Bambang Irwan juga turut mengapresiasi atas bantuan WTB bagi warganya.

 

"Terima kasih atas bantuan WTP, (JMB dan KPUC), sangat membantu bagi warga kami dalam penyediaan air bersih. Tentu, keberadaan WTP ini kedepannya bisa menjadi aset desa, sebagai salah satu sumber pendapatan asli desa," apresiasinya.

 

Kegiatan tersebut dirangkai dengan penyerahan bantuan sertifikat KWH 900, Beasiswa, BPJS dan Alat Kesehatan Posyandu serta serah terima naskah kerjasama Tumpeng Sari antara Pemerintah Desa dan PT. Bhenika Wana oleh Bupati Kukar. (Prokom10)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kopidoni.com

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini353 pengunjung
Minggu Ini3.149 pengunjung
Bulan Ini13.258 pengunjung
Total Pengunjung196.885 pengunjung
Total Klik7.786.163 Kali