PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Dibuka Asisten III, Sebanyak 26 Kelompok Seni Ikuti Lesemanan Seni dan Budaya Daerah Kukar 2021

Pemerintahan Kukar    1 minggu yang lalu   
Administrator    60 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG - Pesemanan Seni dan Budaya Daerah Kutai Kartanegara yang berlangsung di Mulawarman Ballroom Grand Elty Hotel Singgasana Tenggarong pada Senin (22/11/2021) pagi. Acara tersebut dibuka oleh Plt Asisten III Setkab Kukar Sukotjo ditandai dengan pemukulan gong.

 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  (Disdikbud) Kukar Thauhid Afrilian Noor mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk upaya terus menjaga budaya yang sudah ada di Kukar. Menurutnya, banyak budaya Kukar yang harus terus dibenahi dan inventarisasi mulai dari yang kecil sampai yang besar. Karena budaya yang ada di Kukar harus menjadi bagian kehidupan sehari – hari sebagai masyarakat Kukar. 

 

"Diakui bahwa masih banyak masyarakat Kukar sendiri belum mengenal dengan baik seperti bahasa, tulisan, seni tari, kesenian dan lain sebagainya. Hal ini tentunya salah satu tugas Disdikbud untuk menginventarisasinya," ujar Thauhid.

 

Muatan lokal menjadi salah satu yang telah terlaksana, Peraturan Bupati (Perbup) terkait Bahasa Kutai salah satunya, wajib dipelajari semua peserta didik yang ada di Kukar agar terus tumbuh dan berkembang menjadi ciri khas Kukar.

 

"Apalagi dalam menghadapi Ibu Kota Negara (baru), jangan sampai budaya Kukar akan hilang tergilas oleh kemajuan zaman, yang semakin membuat budaya kita tersingkirkan," jelasnya.

 

Asisten III Sukotjo saat membacakan sambutan tertulis Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan, Pemkab Kukar sangat mendukung kegiatan yang menjadi wadah pembinaan bagi seniman. Baik itu seni musik, tari, teater, maupun seni rupa.

 

Menurutnya, sudah selayaknya upaya pembinaan dan pelestarian seni budaya yang ada di Kukar ini dilakukan terus menerus yang menjadi tugas bersama seluruh stakeholder.

 

Ada tiga hal penting yang harus diperhatikan dalam upaya ini, yaitu semua urusan harus bisa bersaing di tengah-tengah kemajuan teknologi diantaranya tentang karakter moral dan pendidikan karakter para pelaku seni yang tentunya harus bisa mengikuti  perkembangan seni budaya Kukar. Berinovasi, berkompetensi, kritis dan mampu menumbuh kembangkan literasi budaya serta literasi teknologi. 

 

"Disdikbud juga harus bisa mewadahi bagi pelaku seni kita untuk terus berkarya dan berkarya. Saya mengingatkan agar OPD saling bersinergi dan berkolaborasi dengan semua pihak dalam melaksanakan kegiatan. Karena kita akan semakin kuat dengan berbagai potensi dan beragam talenta yang terlibat," sebutnya. 

 

Ketua panitia pelaksana, M Iryanto mengatakan, situasi pandemi Covid-19 cukup berdampak terhadap seniman seni pertunjukan dan seni rupa di berbagai daerah. Kerja kreatif mereka terhenti dan ini berpengaruh besar dalam menjaga intensitas berkesenian. 

 

Dalam menjaga intensitas berkesenian dan berdasarkan kenyataan tersebut, seksi pembinaan, bahasa dan sastra daerah Bidang Kebudayaan Disdikbud Kukar berupaya menjaga iklim kreatif seniman dengan menyelenggarakan Pesemanan Seni dan Budaya Daerah Kutai Kartanegara sebagai salah satu uraian kegiatan pembinaan kesenian kepada para pelakunya di Kukar tahun ini.

 

"Kegiatan ini diikuti 26 kelompok seni yang terdiri dari seni tari, musik, seni pertunjukkan teater dan seni rupa. Akan berlangsung selama dua hari hingga 23 November 2021 yang ditayangkan secara virtual melalui kanal Youtube, Facebook, Instragram dan Zoom, Ujar M Iryanto. (Prokom03)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini126 pengunjung
Minggu Ini1.962 pengunjung
Bulan Ini7.443 pengunjung
Total Pengunjung118.880 pengunjung
Total Klik3.021.713 Kali