PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Diklat SAKIP, Ciptakan Instansi Pemerintah yang Transparan dan Akuntabel

Pemerintahan Kukar    1 minggu yang lalu   
Administrator    45 Kali

Sumber Foto: Prokom

SAMARINDA- Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara (Sekda Kukar) Sunggono membuka secara resmi pendidikan dan latihan (Diklat) daring Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Tahun 2021,di Ballroom Crystal Hotel Mercure Samarinda, Rabu (23/11). 

 

Diklat yang digelar Bagian Organisasi Setkab Kukar ini diikuti 56 peserta dari beberapa OPD se Kukar selain dilaksanakan secara daring maupun virtual.

 

Sunggono mengatakan sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah merupakan rangkaian sistematik dari berbagai aktivitas, alat dan prosedur yang dirancang untuk tujuan penetapan dan pengukuran pengumpulan data, pengklasifikasian, pengikhtisaran dan pelaporan kinerja pada instansi pemerintah. Seiring dengan cita-cita reformasi birokrasi yang dilakukan oleh pemerintah saat ini, maka peningkatan akuntabilitas serta peningkatan kinerja yang berorientasi pada hasil (outcome) menjadi fokus utama yang harus diperhatikan.

 

Akuntabilitas merupakan kata kunci dari sistem tersebut. Hal ini dapat diartikan sebagai perwujudan dari kewajiban seseorang atau instansi pemerintah untuk mempertanggungjawabkan pengelolaan sumber

 

Daya dan pelaksanaan kebijakan yang dipercayakan kepadanya dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditetapkan melalui media pertanggungjawaban berupa laporan akuntabilitas yang disusun secara periodik.

 

Satu hal yang perlu menjadi perhatian kita semua, bahwa SAKIP bukan hanya soal pertanggungjawaban secara administratif dengan terwujudnya sebuah laporan secara periodik. Jauh lebih penting dan prinsipil dari itu adalah bahwa SAKIP mendorong terwujudnya akuntabilitas kinerja instansi pemerintah sebagai salah satu prasyarat untuk terciptanya pemerintahan yang baik dan terpercaya. Terwujudnya pemerintahan yang bersih dan bebas dari KKN, pemerintahan yang senantiasa focus pada upaya peningkatan kualitas pelayanan publik, serta pemerintahan yang senantiasa berupaya meningkatkan kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasinya.

 

Untuk itu Sunggono berharap kepada para peserta diklat dapat mengikuti diklat ini dengan sebaik baiknya, semoga ilmu yang didapat dapat memberikan manfaat yang maksimal, bukan hanya bagi para peserta diklat, tapi juga bagi Pemerintah Kabupaten Kukar dan seluruh masyarakat Kukar secara keseluruhan sekaligus demi mewujudkan masyarakat Kukar yang lebih sejahtera, tambah Sunggono.

 

Sementara itu menurut Kepala Bagian Organisasi Ortal Kukar Suhada mengatakan, tujuan diklat SAKIP menjadikan instansi pemerintah lebih akuntabel sehingga dapat beroperasi secara efisien, efektif dan responsif terhadap aspirasi masyarakat dan lingkungannya. Terwujudnya transparan si instansi pemerintah, terwujudnya partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan nasional dan juga daerah serta terpeliharanya kepercayaan masyarakat kepada pemerintah. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari ( 23-24 November 2021 ). Dengan materi meliputi SAKIP dan Manajemen Kinerja, perencanaan kinerja, perjanjian kinerja, simulasi perjanjian kinerja, simulasi pengukuran kinerja dan analisa pencapaian kinerja. Sedangkan bertindak selalu nara sumber dari UGM Yogyakarta dan Pemkab Kukar, jelas Suhada. ( Prokom 03).


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini140 pengunjung
Minggu Ini1.976 pengunjung
Bulan Ini7.457 pengunjung
Total Pengunjung118.894 pengunjung
Total Klik3.021.831 Kali