PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Gubernur Kaltim Isran Noor Berharap Komitmen Kepala Daerah Terpilih Selaraskan RPMJD

Pemerintahan Kukar    1 bulan yang lalu   
Administrator    318 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG - Sinergi pembangunan berkelanjutan provinsi dan kabupaten/kota di Kaltim, dalam penyusunan perubahan RPJMD Kaltim Tahun 2019 - 2023 dan RKPD Tahun 2022, dilakukan secara virtual.

 

Pembukaan rapat dipimpin Gubernur Kaltim Isran Noor. Dihadiri seluruh kepala daerah se-Kaltim secara virtual melalui aplikasi Zoom.

 

Sekda Sunggono hadir mewakili Pemkab Kukar bersama Kepala Bappeda Wiyono dan Kepala OPD terkait, dari Ruang Vidcon lantai II Kantor Bupati Kukar, Kamis (28/1/2021).

 

Kepala Bappeda Provinsi Kaltim HM Aswin mengatakan, latar belakang kebijakan nasional peraturan Presiden nomor 18 Tahun 2020 tentang RPJMN Tahun 2020 - 2024 yang dalamnya memuat rencana pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) dan Permendagri nomor 90 tahun 2019 tentang klasifikasi, kodefikasi dan nomenklatur perencanaan pembangunan dan keuangan daerah.

 

Aswin menjelaskan, evaluasi RPJMD ada beberapa target indikator kinerja utama daerah perlu dilakukan penyesuaian. 

 

"Dengan pertimbangan dampak Covid 19 yang mempengaruhi kinerja perekonomian dan keuangan daerah, sehingga target akhir kinerja RPJMD perlu disesuaikan," kata Aswin.

 

Adapun subtansi perubahan RPJMD yaitu, penambahan latar belakang dan landasan hukum perubahan RPJMD, update data dan informal perencanaan pembangunan daerah, update gambaran pengelolaan keuangan daerah dan kerangka pendanaan, penyempurnaan perumusan permasalahan pembangunan daerah sesuai dengan update data dan informasi, penajaman sasaran strategis, indikator dan target indikator kinerja sasaran serta penambahan target pembangunan kabupaten/kota, penyelarasan strategi dan arah kebijakan dengan sasaran pembangunan daerah, penyesuaian nomenklatut program sesuai Permendagri 90/2019, penyesuaian indikator penyelenggaraan pemerintah daerah, penyempurnaan kaidah - kaidah pelaksanaan peraturan RPJMD.

 

Gubernur Kaltim Isran Noor memaparkan, perubahan RPJMD Provinsi Kaltim perlu diselaraskan dengan RPJMD kabupaten/kota. Terutama RPJMD yang disusun bupati/wali kota terpilih dalam pilkada serentak tahun 2020. 

 

Penyelarasan target pembangunan provinsi dan kabupaten/kota agar berbasis pada kondisi permasalahan dan isu strategis terkini seperti pandemi Covid-19, peraturan perundangan yang baru, prioritas nasional dalam RPJMN, pengarustamaan mitigasi perubahan iklim, tanggap bencana, tujuan pembangunan berkelanjutan SDG's dan penyelarasan prioritas pembangunan daerah agar bebasis pada kegiatan Geo-spasial, Geo-ekonomi dan Geo-sosiokultur.

 

"Perlu kita ketahui bersama penyusunan RKPD Tahun 2022 menggunakan aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) Kemendagri hingga ketahap penganggaran untuk menjaga konsistensi antara perencanaan dan penganggaran," ungkapnya.

 

Dia berharap komitmen besar antara pemerintah provinsi dengan kabupaten/kota untuk bersama-sama melakukan harmonisasi dan sinergitas dalam proses pembangunan yang dimulai dengan proses penyusunan RPJMD dan RKPD Tahun 2022 secara terpadu. (Prokom06)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini21 pengunjung
Minggu Ini1.072 pengunjung
Bulan Ini4.202 pengunjung
Total Pengunjung68.686 pengunjung
Total Klik1.766.245 Kali