PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Hadirkan Narasumber Dari Kementerian Sosial RI, Pemkab Kukar Gelar Audiensi Dan Sosialisasi PKSAI

Pemerintahan Kukar    5 bulan yang lalu   
Administrator    122 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG - Assisten I Setkab Kutai Kartanegara (Kukar) Akhmad Taufik Hidayat membuka Audiensi dan Sosialisasi kegiatan Pusat Kesejahteraan Sosial Anak Integratif (PKSAI) yang digelar Dinas Sosial Kukar di Ruang Serbaguna Kantor Bupati Kukar, Senin (13/12/2021). 

 

Kegiatan ini merupakan upaya terarah, terpadu, komprehensif dan berkelanjutan yang dilakukan pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat dalam bentuk pelayanan sosial. Dalam memenuhi dan melindungi hak anak tersebut, kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI, Perwakilan Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Kaltim, Perwakilan Unicef, Dinsos Kota Surakarta, serta Bappeda Kabupaten Tulungagung.

 

Diikuti peserta dari berbagai lintas sektoral diantaranya perwakilan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kukar, perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Kukar, serta peserta perwakilan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) dari beberapa kecamatan se-Kukar secara virtual.

 

Kepala Dinas Sosial Kukar H Hamly mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan bertujuan guna memaksimalkan dukungan dan komitmen bersama seluruh instansi terkait yang berada di lingkungan Pemkab Kukar menangani permasalahan anak.

 

"PKSAI keberadaannya guna memperkuat efektivitas dan dampak positif program perlindungan sosial pada anak dalam keluarga rentan," ucap H Hamly.

 

Ditambahkannya, PKSAI merupakan wadah dari semua organisasi perangkat daerah dan lintas sektoral di lingkungan Pemkab Kukar, untuk bersama-sama menangani permasalahan anak secara terpadu dan terintegrasi sesuai dengan surat keputusan Menteri Sosial nomor NOMOR : 15A/HUK/2010 tentang Panduan Umum Program Kesejahteraan Sosial Anak, dan SK Menteri Sosial nomor 4 tahun 2020 tentang rehabilitasi sosial dasar bagi anak terlantar.

 

Bupati Kukar Edi Damansyah dalam sambutannya mengatakan, anak merupakan anugerah yang luar biasa dari tuhan yang maha kuasa, yang mana keberadaan seorang anak dalam suatu keluarga menjadi cahaya dan kebahagiaan untuk kedua orang tuanya. 

 

Namun demikian, menurutnya tidak sedikit ditemukan anak-anak yang kurang beruntung. Sehingga harus menghadapi berbagai permasalahan, yang seharusnya tidak dialami oleh anak usia belia, mulai anak yang rentan, anak yang menjadi korban kekerasan, perlakuan salah, eksploitasi dan penelantaran, hingga anak yang berhadapan dengan hukum, baik sebagai pelaku, saksi maupun korban.

 

Ditambahkannya, perlu diingat bahwa keluarga merupakan unsur penting dalam penanganan anak-anak yang bermasalah. Sehingga, dalam pelaksanaan tugasnya nanti, dirinya berharap PKSAI harus selalu berkoordinasi dengan keluarga dimana anak tersebut berada. Menurutnya keluarga sebagai unit terkecil dalam suatu bangsa, keluarga adalah kunci untuk lahirnya SDM yang berkualitas yang berawal dari pemenuhan gizi ketika ibu hamil dan menyusui. 

 

"Kemudian pemenuhan gizi anak dalam masa pertumbuhannya, memberikan pendidikan yang terbaik, dibarengi dengan pola asuh yang mumpuni, sehingga anak merasa terlindungi sekaligus berani menghadapi tantangan dan kondisi yang tidak baik," kata Bupati dalam sambutannya dibacakan oleh Asisten I Setkab Kukar Akhmad Taufik Hidayat.

 

Berkaitan dengan itu, Edi Damansyah berharap penyebaran informasi kepada masyarakat akan keberadaan PKSAI dapat dilakukan secara luas, terutama tentang deteksi dini anak dan keluarga yang bermasalah. Kemudian kemana atau kepada siapa masyarakat harus melapor jika ditemukan anak dan keluarga yang bermasalah. 

 

Dia mengatakan hal tersebut mesti didukung dengan keterlibatan dan sinergitas antar OPD dan lintas sektoral, lembaga masyarakat serta para Pekerja Sosial yang merupakan suatu hal yang sangat krusial. 

 

"Pemkab Kukar telah berupaya untuk mendukung terbentuknya PKSAI di Kukar, dengan harapan anak-anak Indonesia khususnya di wilayah Kukar akan tumbuh menjadi anak yang sehat jasmani dan rohani, kuat fisik dan mentalnya, cerdas hati dan pikirannya serta memiliki iman dan taqwa serta berakhlak mulia," demikian Edi. (prokom07).


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kopidoni.com

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini315 pengunjung
Minggu Ini4.380 pengunjung
Bulan Ini16.117 pengunjung
Total Pengunjung180.944 pengunjung
Total Klik5.416.779 Kali