PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Kawal Hasil MoU, Bupati Edi Damansyah Sambangi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)

Pemerintahan Kukar    1 bulan yang lalu   
Administrator    95 Kali

Sumber Foto: Prokom

Jakarta - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Muslik dan jajaran audiensi ke Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Jakarta, Selasa (6/12).

 

Tujuannya, untuk mendapatkan asistensi dari KKP bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar telah mengintegrasikan program kebijakan nasional Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kukar tahun 2021 - 2026.

 

Rombongan bupati diterima Direktur Perbenihan Nono Hartanto bersama jajarannya.Bupati Edi Damansyah juga mengungkapkan maksud kunjungannya ingin menegaskan kembali bahwa pada akhir 2021 telah terjadi nota kesepahaman (MoU) antara Pemkab Kukar dengan Direktur Jenderal (Dirjend) Perbenihan, dimana didalam MoU itu Kukar dijadikan salah locus atau tempat sebagai pilot projects pengembangan udang Vaname (Litopenaeus Vannamei).

 

"Jadi tindaklanjut dari MoU itu kami sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat, telah membentuk kelompok dan menetapkan kawasan sebagai locus budidaya tambak udang Vaname ini, namun dari informasinya belum direalisasikan karena adanya refocusing," ujarnya.

 

Selain itu Edi juga meminta asistensi terkait kebijakan sektor lain di Kukar, dimana pihaknya telah melakukan kerjasama dengan salah satu lembaga pendidikan untuk melakukan kajian - kajian terhadap potensi yang ada di Kukar.

 

"Kami mengimpikan ke depan Kukar menjadi lumbung pangan di Kalimantan Timur (Kaltim), untuk sudah disiapkan kawasan - kawasan untuk mendukung kebijakan kementerian kelautan dan perikanan yaitu kawasan shrimp estate, kami juga sudah buat konsep ini dan secara resmi suratnya sudah kami sampaikan," terangnya.

 

Bupati Edi berharap adanya kolaborasi dalam program ini terkait bagaimana pembiayaannya, karena ini terkait dengan program ketahanan pangan nasional.

 

"Kami juga mengapresiasi dan terimakasih pak, karena Kukar telah dibantu beberapa kegiatan melalui balai benih Mandi Angin yang ada di Kalsel, seperti bantuan induk, benih, kolam bioflok dan kami terus intens melakukan komunikasi dengan jajaran kementerian kelautan karena ada beberapa rencana yang bisa disinergikan" jelasnya.

 

Sementara itu Direktur Pembenihan Nono Hartanto mengapresiasi dan menyambut baik kunjungan Pemkab Kukar terkait asistensi atau dukungan dari KKP terhadap program - program pemkab Kukar yang telah mengintegrasikan kebijakan nasional kedalam RPJMD.

 

Nono berjanji akan menindaklanjuti dan melalui Dirjend Perikanan Budidaya akan menyampaikan kepada Menteri Kelautan dan Perikanan terkait beberapa usulan dan permohonan dari pemkab Kukar tersebut.

 

Diakhir acara Bupati Edi Damansyah menyerahkan cenderamata kepada direktur Perbenihan Nono Hartanto berupa replika Mandau senjata Khas Kalimantan. (Prokom01).


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: http://localhost:8041

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini31 pengunjung
Minggu Ini2.811 pengunjung
Bulan Ini11.595 pengunjung
Total Pengunjung275.659 pengunjung
Total Klik12.541.913 Kali