PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Kukar Sebagai Tuan Rumah Rakor FKUB Se-Kaltim

Pemerintahan Kukar    2 minggu yang lalu   
Administrator    38 Kali

Sumber Foto: Prokom

Kukar - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah memberikan pemaparan materi dalam rangka rapat Koordinasi FKUB se-Kaltim dengan tema kebijakan pemerintah Kukar di bidang keagamaan dan pemberdayaan, di Ballroom Mulawarman Hotel Grand Elty Singgasana Tenggarong, Senin(21/11/22).

 

Selain Bupati Kukar Edi Damansyah, Komandan Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) Samarinda Kalimantan Timur Brigjen TNI Dendi Suryadi juga memberikan pemaparan dengan tema Sistem pertahanan dalam negeri dan kewaspadaan nasional dilanjutkan dengan Ketua FKUB Kaltim Asmuni Ali dengan tema Peran FKUB dalam menjaga kerukunan menghadapi tahun politik 2024 dan mendukung pembangunan ibu kota dan acara ini dimoderator Ketua FKUB Kukar Harunu Rasyid.

 

Bupati mengucapkan terima kasih atas penunjukan Kukar sebagai tuan rumah dari agenda ini. Ia juga menyampaikan apresiasi kepada FKUB Kaltim khususnya Kukar yang sudah bekerja keras menjaga kerukunan umat beragama dengan baik sebagai daerah heterogen yang penduduknya terdiri dari berbagai suku, ras, dan agama.

 

Menurutnya pemeliharaan kerukunan umat beragama menjadi tanggung jawab bersama umat beragama, pemerintahan daerah, pihak swasta dan juga masyarakat. FKUB  sendiri dibentuk bertujuan untuk memelihara dan mengembangkan kerukunan umat beragama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

 

“Kukar Sudah membuktikan fungsi FKUB yang berjalan dengan baik dengan ditetapkannya Desa Kerta Buana di Kecamatan Tenggarong Seberang sebagai desa sadar kerukunan oleh Kementerian Agama (Kemenag) RI” ungkapnya.

 

Edi menambahkan,  di Desa  Kerta Buana bisa dilihat bahwa semua agama ada di Desa   tersebut begitu pula tempat ibadah. Bahkan jika bicara secara umum  Kutai Kartanegara bisa  dilihat beragam agama, etnis dan suku hidup damai di Kutai Kartanegara dan tak heran bila Kutai kartanegara menjadi daerah rujukan penelitian  karena seperti miniatur Indonesia yang sangat beragam masyarakatnya.

 

“Semua agama, etnis dan suku ada di sini. Alhamdulillah kita rukun, walaupun ada sedikit persoalan tetapi ini masih terukur dengan baik dan bisa dilihat kerukunan di Kutai Kartanegara terjaga dengan baik”imbuh Edi

 

Dalam kegiatan yang digelar selama kurang lebih tiga hari ini Edi berharap rakor ini dapat memperkokoh kerukunan antar umat beragama yang selama ini sudah telah terjalin dengan baik  dan juga FKUB bersama Tokoh Agama  bisa bersinergi di tengah-tengah masyarakat dalam menjaga kondusivitas, kedamaian, kerukunan dan kesatuan.

 

Perlu diketahui bahwa  Kebijakan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara yaitu  Program Revitalisasi Rumah Ibadah. Pemkab Kukar melalui program Kukar Idaman mendukung pembangunan dan revitalisasi rumah ibadah sebagai wujud perhatian pemerintah daerah memberikan dorongan dan ketenangan bagi umat untuk melaksanakan ibadah dengan ketersediaan rumah ibadah yang memadai. Tahun 2022 ini sudah 81 rumah ibadah yang sudah diRevitalisasi (9 Gereja, 1 Pure dan 71 Mushola dan masjid.

 

Program 1 Pondok Pesantren Rp. 100 Juta dan untuk tahun 2022 diangaran perbahan 10 pondok pesantren mendapat bantuan. Program Gerakan etam mengaji (GEMA) yang tertuang dalam Peraturan Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara Nomor 4 Tahun 2021dan saat ini Pemkab Kukar melakukan kerjasama dengan Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta. Program beasiswa santri, santriwan dan para pengajar. Beasiswa tersebut diberikan kepada 159 santri dan 88 pengajar Pondok Pesantren. Beasiswa diberikan sejak awal hingga anak didik selesai mengikuti proses pendidikan.

 

Dukungan terhadap FKUB melalui pemberian dana hibah Untuk Pembinaan, Dialog, Koordinasi Sebesar 750 Juta dan kepada FKDM sebesar 450 Juta. Terbentuknya FKUB di Tingkat Kecamatan sebanyak 18 Kecamatan dengan bantuan Anggaran 17,5 Juta/Kecamatan untuk Operasional. Pembentukan FKUB pada Tingkat Desa/Kelurahan sebanyak 44 Kelurahan dan 193 Desa se-Kabupaten Kutai Kartanegara. Hingga saat ini telah terbentuk di 49 Desa/Kelurahan se-Kabupaten Kutai Kartanegara.

 

Selain itu Program Pembinaan Umat bagi umat Kristiani melalui Pembinaan Bagi Umat Kristen melalui PESPARAWI (Pesta Paduan Suara Gerejawi). Untuk yang pertama Kalinya di Kabupaten Kutai Kartanegara yang dilaksanakan 17 – 20 Oktober 2022 dan nantinyaakan dilaksanakansetiap tahuannya.

 

Dan program terakhir adalah program Rumah besar penangulangan kemiskinan yang merupakan Salah Satu Rumah Besar Pengentasan kemiskinan berbasis Rumah Ibadah. Untuk itu sebagai mitra pemerintah para pengurus rumah Ibadah didorong untuk menangani warga-warga pra sejahtera disekitarnya. Rumah Ibadah harus memiliki data profil umat sehingga melalui data tersebut bisa membantu untuk penanganan kemiskinan. (Prokom)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: http://localhost:8041

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini257 pengunjung
Minggu Ini2.751 pengunjung
Bulan Ini10.513 pengunjung
Total Pengunjung255.736 pengunjung
Total Klik11.846.865 Kali