PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Lantik Pengurus Tingkat Kecamatan, Bupati Minta Keberadaan FKDM Dioptimalkan

Pemerintahan Kukar    1 tahun yang lalu   
Administrator    190 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah mengukuhkan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) di Tingkat Kecamatan periode 2021 -2026, sekaligus Launching Proyek Perubahan 'Optimalisasi Peran Forum - Forum Bentukan Pemerintah' menuju Kukar Aman dan Nyaman (Kuanyam), di Pendopo Odah etam, Kamis (28/10/21).

 

Dia menyebut, tugas utama dari forum - forum bentukan pemerintah adalah untuk membantu instrumen negara dalam menyelenggarakan urusan keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat melalui upaya deteksi dini terhadap potensi dan kecenderungan ancaman serta gejala atau peristiwa bencana.

"Untuk itu optimalkan keberadaannya sesuai tugas dan fungsinya. Di bentuk baik itu di tingkat Kabupaten, Kecamatan hingga sampai Desa dan Kelurahan, bisa saling berkoordinasi dan komunikasi dengan baik agar cepat mendeteksi secara dini jangan sampai terjadi baru melakukan tindakan," ungkap 

 

Dengan adanya FKDM tersebut, keterlibatan masyarakat secara khusus di forum bentukan pemerintah agar masyarakat bisa ikut serta secara langsung dalam menjaga keamanan, ketentraman dan kondusifitas daerah.

 

"Kita bersyukur kondisi Kukar saat ini sangat kondusif walaupun ada titik - titik tertentu, ada riak- riak aktivitas yang bisa mengganggu Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), maka dari itu peran FKDM sangatlah perlu. Kita tidak akan bisa bekerja sendiri tanpa bekerjasama dari semua jajaran pemerintah bersama FKDM, Forum Pembangunan Kebangsaan (FPK) dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) yang berada dimasing Kecamatan,"ucapnya.

 

Pemkab Kukar akan terus berupaya memfasilitasi dalam meningkatkan kapasitas SDM forum - forum di Kabupaten Kukar. Dikatakannya mengenai proyek perubahan optimalisasi peran forum - forum bentukan pemerintah menuju Kuanyam berkaitan dengan keikutsertaan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kukar Rinda Desianti mengikuti pendidikan dan pelatihan kepemimpinan daerah. 

Namun Ia ingin proyek tersebut bukan hanya sekedar melengkapi persyaratan, diharapkan proyek tersebut harus betul - betul diimplementasikan bukan hanya pada forum - forum bentukan pemerintah namun pada forum bentukan masyarakat harus dikuatkan peran dan fungsinya.

"Harus ada pembinaan dimana forum - forum tersebut harus sangatlah faham keadaan wilayahnya masing - masing apakah ada gangguan Kamtibmas tidak diwilayahnya," tegas Edi.

 

Kepala Kesbangpol Kukar Rinda Desianti mengungkapkan, tiga forum bentukan pemerintah yakni FKDM, FPK dan FKUB masing mempunyai tugas dan fungsinya masing - masing. 

 

"Diharapkan dengan dibentuknya FKDM, FPK dan FKUB dapat bersinergi dalam upaya deteksi dini dari semua gangguan potensi konflik yang mengganggu jalannya pemerintahan sesuai dengan Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Kukar, yaitu mewujudkan masyarakat Kukar yang sejahtera dan berbahagia," bebernya.

 

Dikatakannya, pengukuhan FKDM kali ini bagi pengurus forum kecamatan Tenggarong, Tenggarong Seberang, Sebulu, Loa Kulu dan Loa Janan."Setelah ini akan disusul dari kecamatan lain secara bertahap,"ujarnya.

 

Acara dirangkai penandatanganan berita acara dan penyerahan SK Bupati kepada Masing - masing Ketua Forum FKDM 5 Kecamatan. (Prokom06)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: http://localhost:8041

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini200 pengunjung
Minggu Ini2.451 pengunjung
Bulan Ini10.171 pengunjung
Total Pengunjung253.185 pengunjung
Total Klik11.725.315 Kali