PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Meninjau Kawasan Cadangan Pangan Strategis Nasional Desa Sinergi Hijau di Desa Tanjung Batu

Pemerintahan Kukar    1 bulan yang lalu   
Administrator    135 Kali

Sumber Foto: Prokom

KUKAR - Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor bersama Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto, Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Ridolf Nahak, dan Sekda Kukar Sunggono melakukan peninjauan Kawasan Cadangan Pangan Strategi Nasional Desa Sinergi Hijau, di Desa Tanjung Batu Kecamatan Tenggarong Seberang, Kamis(6/5/2021).

 

Dilakukan penanaman bibit tanaman Holtikultura, penaburan bibit ikan serta penaburan pakan ikan, dan dilanjutkan dengan peninjauan peternakan sapi. 

 

Dandim 0906/Tenggarong Letkol Inf Charles Alling juga mendapat penghargaan dari gubernur Kaltim atas pengabdian dan prestasinya sebagai dandim inovatif dan kreatif dalam mengambangkan program teritorial di Kalimantan Timur khusus nya Kutai Kartanegara.

 

Sunggono mengucapkan selamat datang di Kawasan Han Pangan Desa Sinergi Hijau Tanjung Batu Kecamatan Tenggarong Seberang.

 

"Pemkab Kutai Kartanegara sangat mendukung rencana dan program ini agar apa yang direncanakan ini dapat terwujud sesuai harapan," ungkap Sunggono mengawali sambutan Bupati Kukar

 

Ia menambahkan bahwa pengelolaan pertanian di kawasan ini merupakan bukti sinergitas antara TNI/Polri bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara dalam menyediakan bahan pangan bagi  masyarakat Kutai Kartanegara dan juga sebagai persiapan Kalimantan Timur menyongsong IKN

 

Untuk saat ini sektor pertanian di Kukar merupakan sektor yang paling strategis untuk dikembangkan karena hingga saat ini penduduk Kutai Kartanegara memiliki sumber utama penghasilan dari sektor pertanian dalam arti luas yang mencapai ± 47 % dan kontribusi sektor pertanian terhadap PDRB Kutai Kartanegara terbesar kedua setelah sektor Pertambangan dan Penggalian, yaitu sebesar 13,3%.  

 

Kabupaten Kutai Kartanegara hingga saat ini masih mensuplai 30-35% bahan pangan khususnya beras kepada Kalimantan Timur. Tentunya kehadiran kawasan Han Pangan Desa Sinergi Hijau di Tanjung Batu ini semakin memperkuat dan memberikan semangat kepada Pemkab dan Masyarakat Kukar bahwa Kabupaten Kutai Kartanegara akan terus meningkatkan kinerja dan pengembangan sekor Pertanian dalam arti luas

"Saat ini yang menjadi masalah adalah berkurangnya petani yang ingin mengelola lahan untuk itu Pemkab Kukar sedang menggalakkan program petani milenial yang sudah dibentuk dibeberapa kecamatan" ungkapnya.

 

Dengan program petani milenial diharapkan para pemuda lebih berminat dengan dunia pertanian dan Pengelolaan pertanian bisa lebih produktif dan modern.

Selain di tanjung batu ini, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara dalam RPJMD 2021-2026 akan mengembangkan 5 Kawasan Pertanian di Kabupaten Kutai Kartanegara, yaitu di Kecamatan Muara Kaman, kecamatan Sebulu, Kecamatan Tenggarong Seberang ada 2 kawasan,  Kecamatan Loa Kulu dan Kecamatan Marangkayu.  

 

Sunggono yakin dan percaya jika pengembangan Kawasan Pertanian terpadu khususnya di kawasan desa Sinergi Hijau tanjung batu jika dilakukan secara bersama-sama, bersinergi dan terorganisir secara baik diantara perangkat daerah, TNI/Polri, pihak desa, dan pihak kecamatan, pelaku usaha, dan pihak lainya maka pertanian di Kabupaten Kutai Kartanegara lebih khusus di Tanjung Batu ini akan tumbuh dan berkembang secara cepat dan positif. 

 

Sementara itu Gubernur Kaltim Isran Noor mengatakan sangat bangga dengan Kawasan Cadangan pangan Strategi Nasional Desa Sinergi Hijau Di Desa Tanjung Batu Kec. Tenggarong Seberang.

"Sudah lama saya mau diajak kesini tapi baru kali ini berkunjung, kalo tau sebangus ini sudah lama saya datang kesini"ungkapnya.

 

Ia sangat antusias dengan pengembangan desa yang diberinama Desa Sinergi Hijau.

Isran berharap program-program seperti ini bisa dibuat dibeberapa kawasan di Kalimantan Timur. "Walau tidak ditunjuk sebagai kawasan pertanian tetapi Kaltim bisa sedikit membuktikan bahwa pertanian masih menjadi sektor andalan" ungkapnya.

 

Isran juga tak segan- segan mengeluarkan bantuan mulai dari alat pertanian, menyiapkan jalan pertanian hingga tanggul air untuk pengairan untuk mewujudkan pertanian modern di Kaltim.

 

Perlu di ketahui bahwa kawasan Han Pangan Desa Sinergi Hijau ini memiliki potensi kawasan pertanian sebesar 460 Ha, pada tahap awal akan diolah seluas 100 Ha dan saat ini yang sudah terealisasi sekitar 60 Ha yang akan dikelola dengan pengembangan sistem pertanian terpadu dengan komoditi unggulan padi, hortikultura, ternak, dan ikan. (Prokom08)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini16 pengunjung
Minggu Ini1.015 pengunjung
Bulan Ini5.022 pengunjung
Total Pengunjung84.683 pengunjung
Total Klik2.291.712 Kali