PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

MTQ ke-43 Dimulai, Diresmikan Bupati Kukar Edi Damansyah

Pemerintahan Kukar    2 bulan yang lalu   
Administrator    46 Kali

Sumber Foto: Prokom

Kukar - Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke - 43 tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara resmi digelar, di Lapangan Sepak Bola Kecamatan Loa Kulu pada Minggu (27/11/22) malam.

 

MTQ ke 43 dibuka Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah didampingi Wakil Bupati Kutai Kartanegara Rendi Solihin, Sekda Kukar Sunggono, Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura ke-XXI Aji Muhammad Arifin dan unsur Forkopimda Kab Kutai Kartanegara dengan ditandai pemukulan Beduq.

 

Acara dimulai dengan pemberian cenderamata berupa kopiah bermanik dari Camat Loa Kulu Adriansyah kepada Bupati Kukar, Wakil Bupati Kukar dan undangan lainya. Dilanjutkan dengan tarian selamat datang diikuti dengan Defile seluruh kafilah MTQ KE-43 Tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara.

 

Dalam acara ini juga dilakukan penyerahan penghargaan dari BAZNAS ( Badan Amil Zakat Nasional ) Kab. Kutai Kartanegara kepada UPZ(Unit Pengelola Zakat) terbaik dan istimewa serta Muzakki aktif tahun 2022. Penyerahan bantuan program Kukar cerdas yaitu bantuan bagi santri dan siswa berprestasi sebesar Rp.30.250.000,- yang diberikan kepada UPZ Kemenag Kab. Kutai Kartanegara yang diwakili oleh Kepala Kemenag Kab. Kutai Kartanegara Nasrun. 

 

Penyerahan bantuan program Kukar peduli yaitu bantuan bencana kebakaran di Desa Loa Kulu sebesar Rp.9.450.000,- diwakili oleh Kepala Desa Loa Kulu Rijali dan penyerahan bantuan program Zakat community Development (ZCD) berupa Bubidaya padi pelakuan organik sebesar Rp.300.000.000,- dari Baznas Prov. Kaltim Bekerjasama dengan Baznas Kab. Kukar yang dibelikan kepada perwakilan Kelompok Tani Desa Sarinadi Kec. Kota Bangun.

 

Penyerahan piala bergilir MTQ oleh Camat Tenggarong sebagai Juara Umum MTQ ke 42 dikecamatan muara badak kepada Bupati kukar untuk diperebutkan kembali pada MTQ ke 43 di Kec. Loa Kulu.

 

Menurut Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah pada sambutannya mengatakan bahwa Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) merupakan agenda tetap kegiatan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara setiap tahunnya, yang telah menjadi tradisi dan melekat dalam kultur masyarakat dan bangsa khususnya di Kutai Kartanegara. "Ini semua tak terlepas dari peran semua Umat muslim yang ada di Kutai Kartanegara dengan pembinaan dan pengembangan Tilawatil Qur'an berjalan dengan baik" imbuhnya.

 

Selain itu juga kegiatan seperti ini dapat meningkatkan ekonomi kerakyatan di Kec. Loa Kulu sebagai tuan rumah MTQ. "Saya harap sebagai tuan rumah MTQ, Pemerintah Kecamatan Loa Kulu dapat membawa dampak yang luar biasa bagi masyarakatnya, selain memacu semangat untuk meningkatkan ibadah juga terbukti meningkatnya pertumbuhan ekonomi dengan banyaknya UMKM yang menjual makanan, jajanan khas setempat, cenderamata bagi kafilah selama MTQ berlangsung"ungkap Edi.

 

Pelaksanaan MTQ seperti ini merupakan bentuk penguatan iman dan taqwa masyarakat dan juga ini merupakan tanda bahwa Pemkab Kukar hadir ditengah-tengah masyarakat untuk mengembangkan Tilawati quran.

 

Selain itu tambah Edi, MTQ merupakan ajang evaluasi pengembangan program Tilawati Quran yang ada pada program GERAKAN ETAM MENGAJI (GEMA) dan membuktikan bahwa pemerintah daerah berkomitmen untuk membumikan Al-Qur’an ditanah Kutai.

 

“Dengan berbekal pengalamam lima kali juara umum secara berturut-turut tidak berlebihan tentunya apabila saya berserta seluruh masyarakat Kutai Kartanegara berharap dan berdoa agar kafilah MTQ Kabupaten Kutai Kartanegara bisa tampil yang terbaik dan menjadi Juara Umum yang ke-Enam kalinya diajang MTQ tingkat Provinsi Kaltim” Harap Edi mengakhiri (prokompim08)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: http://localhost:8041

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini32 pengunjung
Minggu Ini2.812 pengunjung
Bulan Ini11.596 pengunjung
Total Pengunjung275.660 pengunjung
Total Klik12.542.022 Kali