PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Pemkab Kukar Launching Aplikasi SENSASI

Pemerintahan Kukar    1 bulan yang lalu   
Administrator    588 Kali

Sumber Foto: Prokom

Tenggarong - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Sunggono melakukan launching Aplikasi Sistem Sedot Tinja Dan Air Bersih (SENSASI).

 

Hal ini dilakukan saat membuka pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) Pendampingan Penyusunan Rancangan Peraturan Daerah Tentang Pengelolaan Air Limbah Domestik dan Pembentukan Kelembagaan UPTD Pengelolaan Air Limbah Domestik Tahun 2021 di Ruang Aula Hotel Grand Fatma, Selasa, (15/06/2021).

 

Aplikasi SENSASI untuk mendukung gerakan sadar sanitasi dan air bersih. Aplikasi ini dapat menjadi salah satu gerakan dan upaya untuk pelaksanaan layanan lumpur tinja terjadwal (L2T2) untuk optimalisasi dan pemanfaatan bangunan Instalasi Pengolaan Lumpur Tinja (IPLT) yang berlokasi di TPA Bekotok Tenggarong Kabupaten Kukar.

 

Sekda Kukar Sunggono didaulat langsung untuk melakukan launching SENSASI secara resmi didampingi Kepala Dinas Perkim Ahyani Fadianur Diani bersama Sekretaris Perkim Chairul Anwar.

 

Dalam sambutannya Sekda Kukar Sunggono mengatakan, sangat mendukung penuh aplikasi tersebut, tentunya melalui aplikasi ini pemenuhan akan pelayanan kapada masyarakat secara online, dapat dilaksanakan secara nyata, cepat, terarah dan terjadwal sesuai waktu.

 

"Saya sangat mengapresiasi terobosan-terobosan seperti ini, sebagai bentuk kemajuan teknologi informasi, melalui aplikasi ini, tentunya pemenuhan akan pelayanan kepada masyaraakat dapat lebih optimal, dimana dengan menggunakan aplikasi ini masyarakat bisa mendapatkan empat layanan pokok, yang pertama masyarakat bisa mengajukan permohonan untuk penyedotan lumpur tinja dari tangki septik secara berkala yang menggantikan layanan on call walaupun sewaktu-waktu untuk kebutuhan mendesak dapat dilakukan melalui on call terhadap OPD terkait," ujar Sunggono.

 

Sementara itu Kepala Dinas Perkim Ahyani Fadianur Diani mengatakan aplikasi ini bisa juga untuk layanan usulan air bersih bagi masyarakat yang belum memiliki sarana prasarana (sapras) air bersih, usulan sapras MCK dan usulan pemasangan sambungan rumah air bersih untuk masyarakat.

 

“Dengan di launching aplikasi SENSASI ini diharapkan dapat meningkatkan upaya pemerintah daerah dalam menjangkau kalangan masyarakat dan memberikan pelayanan yang lebih optimal kepada masyarakat secara nyata, khususnya dalam penyedotan lumpur Tinja dan pemenuhan air bersih,” ujar Ahyani.

 

Tambah Ahyani bahwa dengan empat layanan pokok yang ada di aplikasi SENSASI ini pula diharapkan dapat mendukung program penyusunan Rancangan Perda dan kelembagaan UPTD serta terlaksananya L2T2 khususnya untuk tiga kecamatan yang menjadi lingkup layanan. 

 

“saat ini di Kabupaten Kukar ada tiga kecamatan yang menjadi lingkup layanan IPLT diantaranya Tenggarong, Tenggarong Seberang dan Loa Kulu,” ujarnya

 

Untuk di ketahui kegiatantersebut turut diikuti OPD terkait, akademisi dan didampingi Balai Sarana Prasarana Sanitasi Provinsi Kaltim serta diikuti Dirjen Sanitasi Wilayah I melalui via Zoom Meeting. (Prokom 09).


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini13 pengunjung
Minggu Ini1.135 pengunjung
Bulan Ini6.818 pengunjung
Total Pengunjung94.289 pengunjung
Total Klik2.475.262 Kali