PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Pemkab Kukar Silaturahmi ke KPKNL, Diharapkan Bisa Tingkatkan Sinergi Kedua Belah Pihak,

Pemerintahan Kukar    2 minggu yang lalu   
Administrator    48 Kali

Sumber Foto: Prokom

Tenggarong - Sekretaris Daerah (Sekda) Kutai Kartanegara (Kukar) Sunggono, didampingi Kepala Inspektorat Heriansyah dan Kepala BPKAD Sukotjo serta para Kabag, Kabid, Kasi, dan Kasubbag terkait dilingkup Pemkab Kukar, melakukan kunjungan kerja ke Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) di lantai II Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kalimantan Timur dan Utara (Kaltimtara) Samarinda, Rabu (15/06/22) siang. 

 

Rombongan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar yang berjumlah 10 orang tersebut, diterima oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) DJKN Kaltimtara Kusumawardani bersama jajarannya. 

 

Kunjungan kerja tersebut dalam rangka untuk peningkatan sinergi, koordinasi, dan kolaborasi antara Pemkab Kukar dengan KPKNL Samarinda terkait dalam pengelolaan aset dan lelang. 

 

Kusumawardani dalam pencerahannya, mengatakan terkait dengan kunjungan hari ini rombongan Pemkab Kukar bisa berkoordinasi dengan rekan-rekan KPKNL, apa yang bisa dikoordinasikan sehingga proses lelangnya tidak perlu berkali kali. 

 

Pejabat yang menduduki jabatan dilingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) yang biasanya memengang kendaraan, tetapi karena proses lelangnya sekarang secara online untuk menjaga transparansi. 

 

"Dan melihat dari proses lelang ini akan menguntungkan dari sisi APBD Pemda karena sistemnya adalah penawaran tertinggi, yang akan menjadi pemenang sehingga akan menguntungkan APBD," ujarnya. 

 

Selanjutnya, dijelaskan Wardani untuk masalah piutang negara bisa melakukan koordinasi, kolaborasi ke Kanwil DJKN untuk membantu penyelesaian piutang negara yang ada di Pemkab Kukar. Piutang negara ini menjadi satu bagian dari neraca karena melihat Ibu Kota Negara (IKN) ada di wilayah Kaltim termasuk di dalamnya Kukar. 

 

Melihat para investor asing baik investor swasta dalam negeri maupun luar negeri nantinya terbuka untuk bisa turut serta ikut di dalam membangun sarana prasarana di IKN tersebut. Karena pasti ada penilaian terkait bagaimana keuangan daerah yang ada di wilayah ini. 

 

"Jadi kami mendorong terkait dengan aset karena aset itu dilihat dari neraca pusat bagiannya adalah 80 persen dari neraca, begitu pun dengan piutang negara juga sama," jelasnya. 

 

Lebih lanjut, Wardani mengatakam uang khas lancar yang belum ditarik dari khas daerah bisa di selesaikan/masuk sebagai penerimaan otomatis masuk ke khas atau dari sisi penyisihannya. 

 

Penyisihan piutang negara di neraca yang terlalu besar akan mengurangi nilai dari aset laporan keuangan dari Pemda, karena investor biasanya melihat dari laporan keuangan. 

 

"Untuk itu kami siap mendukung Pemkab Kukar untuk bisa membantu kolaborasi bersama, di dalam aset maupun di dalam penyelesaian utang piutang negara. Karena utang piutang negara harus melalui (Kanwil DJKN, red) dan penghapusannya melalui KPKNL dan PUPN yang ada di wilayahnya. Sekali lagi kami siap mendukung kolaborasi dan sinergi terkait dengan ketentuan yang berlaku," demikian pungkas Kakanwil DJKN Kaltimtara tersebut. 

 

Sementara itu, Sunggono mengungkapkan merasa tersanjung dan bersyukur bisa bersilaturahim dengan jajaran Kanwil DJKN dan KPKNL. Serta terima kasih banyak pencerahan dari ibu Kusumawardani yang menyampaikan banyak hal tentang kegiatan hari ini. 

 

"Kami berharap dengan kunjungan silaturahim ini terus dapat meningkatkan sinergi antar kedua belah pihak, dan terus berlanjut di masa mendatang. Demi pengelolaan aset Pemkab Kukar yang lebih baik serta tercapainya laporan keuangan pemerintah daerah yang akuntabel," harap Sunggono. (prokom05)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kopidoni.com

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini359 pengunjung
Minggu Ini3.155 pengunjung
Bulan Ini13.264 pengunjung
Total Pengunjung196.891 pengunjung
Total Klik7.786.643 Kali