PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Pemkab Paser Study Orientasi ke Kukar, Kiat Sukses MTQ Berprestasi

Pemerintahan Kukar    2 minggu yang lalu   
Administrator    366 Kali

Sumber Foto: Prokom

Tenggarong - Asisten  Pemerintahan dan Kesra Sekratariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Kutai Kartanegara (Kukar) Akhmad Taufik Hidayat menerima kunjungan study orientasi dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser, di Ruang Eksekutif Kantor Bupati Kukar, Rabu (13/10) 

 

Pemkab Paser diwakili Kepala Kemenag Maslekhan, Kabag Kesra Kurniawan yang didampingi beberapa stafnya tersebut, dipimpin Asisten Pemerintah dan Kesra Romif Erwinadi

 

Tujuan study orientasi tersebut, kata Romif, dalam rangka pembelajaran tentang Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ), insentif guru dan penyelenggaraan hari santri nasional. 

"Terkait pembelajaran ini kami ingin banyak belajar dari Kukar yang lebih maju dalam pengembangan - pengembangan dan langkah - langkah apa yang dilakukan Kukar dalam menghadapi MTQ, terus terang Paser dalam MTQ kemaren agak melorot levelnya, minimal Paser sejajar atau satu level dibawah Kukar lah," ujar Romif

 

Lebih lanjut Ia mengungkapkan prestasi Kukar dalam MTQ yang luar biasa yang membuat pemkab Paser pengin belajar, karena diketahui Kukar juara umum empat kali berturut-turut MTQ tingkat provinsi. 

"Dasar itulah yang membawa kami ingin belajar bagaimana pola pembinaannya sehingga bisa mencapai hasil yang luar biasa itu," ungkapnya. 

 

Dirinya berharap dari kunjungan ini dapat ilmu dan langkah-langkah dalam pengembangan LPTQ, dan juga pengetahuan dalam pemberian insentif terhadap guru khususnya dasar hukum tentang pemberian insentif tersebut. 

 

Sementara itu Asisten Pemerintahan dan Kesra Akhmad Taufik Hidayat menjelaskan pada prinsipnya LPTQ disemua kabupaten sama struktur nya, mungkin yang membedakan, kalau di Kukar banyak didominasi ASN dan sekda sendiri sebagai ketua LPTQ. 

Selain itu dukungan dari lembaga - lembaga non formal juga sangat membantu dalam penguatan pembinaan dan pengembangan LPTQ. 

"Jadi didukung oleh lembaga-lembaga seperti pesantren dan lembaga pendidikan umuk dibawah kemenag, sangat membantu dalam proses pengkaderan santri-santri untuk mengikuti MTQ, potensi inilah yang terus digali dan dikembangkan," jelasnya. 

 

Keberhasilan tersebut tambahnya tidak lepas dari kerja keras semua pihak, diantaranya terobosan yang dilakukan kantor departemen agama yang melakukan kerjasama dengan beberapa Lembaga di luar Kukar.

"Dari semua itu tentunya alokasi anggaran yang cukup dari pemkab menjadi salah satu penentu untuk pengembangan LPTQ ini, selain itu program bapak bupati satu desa satu  hafiz sangat membantu dalam menumbuhkan kader potensial kafilah - kafilah yang akan mengikuti MTQ," tambahnya. 

 

Terkait dengan pemberian insentif terhadap guru agama, dijelaskan Saiful dari kemenag bahwa pemberian insentif terhadap guru agama sudah dilakukan sejak lama, pemberian insentif tersebut sama dengan pemberian insentif guru umum dan pengalokasian anggarannya melalui dinas pendidikan dan kebudayaan.

 

Acara yang dihadiri kabag Kesra Mulyadi, Kabag Hukum Purnomo, kabag Ortal Suhada, pengurus LPTQ dan para pelatih kafilah tersebut diakhiri saling tukar cenderamata. (Prokom01)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini191 pengunjung
Minggu Ini1.904 pengunjung
Bulan Ini6.374 pengunjung
Total Pengunjung110.257 pengunjung
Total Klik2.881.530 Kali