PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Perpustakaan Digital Memberikan Kemudahan Akses ke Banyak Informasi

Pemerintahan Kukar    2 minggu yang lalu   
Administrator    76 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG- Sekretaris Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Sunggono menghadiri acara Pelantikan Pengurus Ikatan Pustakawan Indonesia ( IPI ) Kabupaten Kukar Priode 2021 – 2024 di Aula Kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kukar. Rabu, ( 12/1/2022).

 

Pelantikan Pengurus Ikatan Pustakawan Indonesia ( IPI ) Kabupaten Kutai Kartanegara Priode 2021 – 2024 dilakukan oleh Wakil IPI Provinsi Kalimantan Timur Pandu perdana Adhi Putra yang ditandai dengan penyematan kartu nama.

 

Dalam sambutan bupati yang dibacakan Sunggono mengatakan, bahwa dalam RPJMD Kutai Kartanegara Tahun 2021-2026, sudah jelas bahwa Visi Pemkab Kukar adalah “Mewujudkan Masyarakat Kutai Kartanegara Yang Sejahtera dan Berbahagia”. Dalam konteks masyarakat yang sejahtera tersebut, salah satu kondisi yang ingin dicapai atau diraih adalah kemudahan masyarakat dalam mengakses hak-hak dasar seperti pendidikan, kesehatan, pangan dan sumber daya ekonomi secara adil dan berkesinambungan.

 

Dalam kaitan dengan konteks pendidikan secara umum, maka kemudahan masyarakat, terutama mereka yang berstatus sebagai pelajar atau mahasiswa dalam mengakses berbagai sumber bahan bacaan (buku) tentu menjadi sangat penting dan strategis. Apalagi jika kemudian, selama ini akses tersebut relatif terbatas dengan berbagai kendala yang dihadapi, seperti minimnya perpustakaan, minimnya koleksi buku, minimnya minat baca dan lainnya.

 

Disadari atau tidak, langsung ataupun tidak langsung, keberadaan dinas kearsipan dan Perpustakaan yang berdasarkan tupoksi secara tegas menangangi urusan perpustakaan, menjadi sangat penting dan strategis dalam upaya mewujudkan visi tadi. 

 

Sunggono berharap, dengan dibentuknya Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Kabupaten Kutai Kartanegara ini, diharapkan memberikan dampak yang signifikan terhadap upaya meningkatkan kompetensi dari para pustakawan yang ada di seluruh Kabupaten Kutai Kartanegara.

 

Untuk itu, terbentuknya Ikatan Pustakawan Indonesia Kabupaten Kutai Kartanegara ini, "maka organisasi ini nantinya dapat membuat gerakan yang lebih terpadu, terarah dan terorganisir sekaligus mampu meningkatkan profesionalisme pustakawan di Kutai Kartanegara. Karena harus kita akui bahwa saat ini, budaya membaca di tengah-tengah masyarakat kita masih sangat rendah, "tegas Sunggono.

 

Hadir dalam pelantikan tersebut Kepala Dinas Kearsipan dan perpustakaan Kukar Ahyani Fadianur Diani para Camat, Kepala Desa dan Kepala Sekolah SD, SMP atau yang setara se-Kabupaten Kutai Kartanegara yang hadir secara virtual. Acara ditandai juga dengan Lounching Perpustakaan Digital ( iKukar ) yang ditandai dengan penekanan tombol. ( Prokom 03)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini102 pengunjung
Minggu Ini2.083 pengunjung
Bulan Ini8.037 pengunjung
Total Pengunjung132.862 pengunjung
Total Klik3.236.930 Kali