PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Pimpin Pemulihan Bergerak Untuk Merdeka Belajar, Peringatan Hardiknas Tahun 2022

Pemerintahan Kukar    2 bulan yang lalu   
Administrator    80 Kali

Sumber Foto: Prokom

Tenggarong - Gunakan baju daerah Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) H Rendi Solihin pimpinan upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2022 bertempat di halaman Kantor Bupati Kukar, Jumat (13/05/22). 

 

Kegiatan upacara dengan tema "Pimpin Pemulihan, Bergerak Untuk Merdeka Belajar" diawali dengan pengibaran bendera merah putih dari pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka), kemudian dilanjutkan pembacaan Pancasila oleh pembina upacara dan ditirukan seluruh peserta upacara, dilanjutkan pembacaan Undang-Undang Dasar (UUD) tahun 1945. 

 

H Rendi Solihin saat membacakan sambutan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI Nadiem Anwar Makarim mengatakan selama dua tahun terakhir banyak sekali tantangan yang dihadapi bersama, yang mana hal tersebut menurutnya tidak pernah terbayangkan sebelumnya, bahkan juga tidak terbayangkan bahwa semuanya dapat mengatasinya. 

 

Nadiem menambahkan apa yang telah dilaksanakan pada hari ini merupakan bukti bahwa apa yang telah dilaksanakan bersama selama ini merupakan pembuktian bahwa dunia pendidikan lebih tangguh dari semua tantangan, lebih berani dari rasa ragu dan tidak takut untuk mencoba. 

 

"Kita tidak hanya mampu melewati, tetapi berdiri digaris depan untuk memimpin pemulihan dan kebangkitan," ucap Nadiem Anwar Makarim dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wabup Kukar H Rendi Solihin. 

 

Lebih lanjut, menurutnya ditengah hantaman ombak yang sangat besar, dunia pendidikan terus melautkan kapal besar bernamakan Merdeka Belajar, yang mana ditahun ketiganya telah mengarungi pulau-pulau diseluruh Indonesia. 

 

Nadiem menambahkan kurikulum merdeka yang berawal dari upaya untuk membantu para guru dan murid dimasa pandemi terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran. dimana menurutnya kurikulum merdeka sudah diterapkan di lebih dari 140.000 satuan pendidikan diseluruh Indonesia, yang mana hal tersebut menurutnya menandakan bahwa ratusan ribu anak Indonesia telah belajar dengan cara yang jauh lebih menyenangkan dan memerdekakan. 

 

Nadiem Anwar Makarim mengatakan saat ini para murid tidak perlu lagi khawatir dengan tes kelulusan, karena menurutnya asesmen nasional yang sekarang digunakan tidak bertujuan untuk "menghukum" guru atau murid tetapi sebagai bahan refleksi agar guru terus mendorong untuk belajar, kepala sekolah termotivasi untuk meningkatkan kualitas sekolah menjadi lebih inklusif dan bebas dari ancaman tiga dosa besar pendidikan. 

 

Menurut Nadiem saat ini semangat yang sama juga telah terdengar dari para seniman dan pelaku budaya, dimana sekarang mulai bangkit lagi, mulai berkarya lagi dengan lebih merdeka. 

 

Diakhir sambutannya, Nadiem mengucapkan kepada seluruh penggerak Merdeka Belajar di seluruh Indonesia bahwa langkah yang telah dilaksanakan selama ini semakin serentak dan semakin cepat, namun dirinya mengingatkan bahwa apa yang telah dilakukan tersebut belum sampai pada garis akhir, sehingga dirinya mengingatkan agar tidak ada alasan untuk berhenti bergerak meski sejenak kedepan karena menurutnya masih akan ada angin yang berhembus kencang dan ombak yang jauh lebih besar serta rintangan yang jauh lebih tinggi. sehingga sudah seharusnya seluruh pihak terkait untuk terus berpegang pada komando memimpin pemulihan bersama, bergerak untuk Merdeka Belajar. 

 

Untuk diketahui, kegiatan tersebut diikuti peserta upacara diantaranya pelajar, guru, ASN dilingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar, Kepala Bagian yang ada di lingkungan Setkab Kukar, pasukan Korsik Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kukar, serta Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kukar.(prokom07). 


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kopidoni.com

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini55 pengunjung
Minggu Ini2.932 pengunjung
Bulan Ini11.795 pengunjung
Total Pengunjung210.880 pengunjung
Total Klik9.132.571 Kali