PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Plh Bupati Kukar Sunggono Resmikan Kampung Tangguh Etam Panji

Pemerintahan Kukar    2 minggu yang lalu   
Administrator    702 Kali

Sumber Foto: Prokom

Tenggarong - Pelaksana harian (Plh) Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Sunggono bersama Kapolres Kukar AKBP Irwan Masulin Ginting, Camat Tenggarong Arfan Boma, dan Lurah Panji Nina Martini meresmikan Kampung Tangguh Etam Kelurahan Panji, Kecamatan Tenggarong, di Rt 10 Jl. Stadion Timur, Kamis (18/2/2Plh Bupati Kukar, Resmikan Kampung Tangguh Etam Panji

 

Peresmian ditandai dengan pemukulan gong oleh Plh Bupati Kukar Sunggono yang disaksikan unsur Muspika Tenggarong, para Lurah, Ketua Rt, dan tamu undangan lainnya. 

 

Kapolres Kukar Irwan mengatakan, Kukar telah memiliki 16 kampung tangguh etam di 16 kecamatan, di luar kecamatan Muara Badak dan Marang Kayu karena wilayah hukumnya masuk Kota Bontang. 

 

Dari 16 kampung tangguh etam yang ada di Kukar, salah satunya merupakan kampung tangguh terbaik di Kaltim. Yakni Kampung Tangguh Etam Desa Sumber Sari Kecamatan Loa Kulu. Kampung tangguh tersebut berhak mewakili provinsi Kaltim untuk mengikuti lomba kampung tangguh tingkat nasional. 

 

"Mudah-mudahan kampung tangguh etam Desa Sumber Sari menjadi yang terbaik di lomba tingkat nasional," kata Kapolres Irwan.

 

“Tentunya ini menjadi pemicu dan penyemangat dalam rangka menghadapi situasi saat ini yaitu maraknya Covid-19,” lanjut dia.

 

Perlu diketahui bersama, untuk desa Sumber Sari sampai saat ini masih Zero-zero Covid-19 atau sampai saat ini merupakan Zona Hijau. 

 

Namun menyikapi situasi saat ini dimana bulan terakhir (Januari 2021) lalu terjadi lonjakan kasus positif Covid-19 yang sangat tinggi. Sampai dengan hari ini untuk Kukar yang masih dirawat mencapai 2.200 orang. 

 

"Tentunya hal ini harus di sikapi dengan membentuk kampung-kampung tangguh di seluruh kelurahan dan desa di wilayah Kukar. Sebagai contoh pertama adalah Kelurahan Panji Kecamatan Tenggarong," jelasnya. 

 

Lebih lanjut dikatakan orang nomor satu di Polres Kukar ini, kelurahan Panji termasuk salah satu kelurahan yang merupakan zona merah untuk penyebaran Covid-19. 

 

Untuk itu, kata Kapolres Kukar ini mari bersama-sama membuat kampung tangguh etam kelurahan Panji ini yang tadinya zona merah menjadi zona kuning, bahkan zona hijau supaya menjadi contoh bagi kelurahan dan desa di wilayah Kukar. 

 

"Apa yang kita lakukan ini searah dan sejalan dengan kebijakan pemerintah, dimana saat ini kita melaksanakan PPKM bersekala mikro," pungkas Irwan Masulin Ginting. 

 

Plh Bupati Kukar Sunggono mengatakan, kampung tangguh etam di Kelurahan Panji ini harus memberikan yang terbaik. Agar dapat menjadi contoh, dan saling berbagi manfaat, dengan desa atau kelurahan lainnya, di Kukar.

 

Dengan adanya kampung tangguh etam, warga kelurahan atau desa tentu dapat menjadi contoh, bahwa keberadaan virus corona benar adanya, dan dampaknya sudah kita rasakan bersama. 

 

"Jangan pernah lelah melakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan. Menjalankan protokol kesehatan, bukanlah kepentingan pemerintah saja, tapi merupakan kepentingan seluruh masyarakat, bukan hanya di Kelurahan Panji, tapi di seluruh kelurahan dan desa di Kukar.

 

Pemkab Kukar, lanjut Sunggono selalu mendukung, dan siap memajukan seluruh desa dan kelurahan di Kukar ini. Tak terkecuali di Kelurahan Panji, yang saat ini sedang berjuang, sedang berupaya, menjalankan program Kampung Tangguh.

 

"Jika kita berhasil memutus mata rantai penyebaran virus corona, minimal dapat menekan kasus penyebarannya, bukan pemerintah, tapi kita bersama, seluruh masyarakat yang akan merasakan manfaatnya. Agar kita semua terhindar dari virus tersebut, agar roda ekonomi kembali berputar sebagaimana mestinya," pungkasnya. (prokom05).


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini21 pengunjung
Minggu Ini1.072 pengunjung
Bulan Ini4.202 pengunjung
Total Pengunjung68.686 pengunjung
Total Klik1.766.206 Kali