PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Quattrick! Pemkab Kukar Kembali Sabet Penghargaan APE 2020 Kategori Utama

Pemerintahan Kukar    2 minggu yang lalu   
Administrator    640 Kali

Sumber Foto: Prokom

 

Tenggarong - Sekretaris Daerah (Sekda) Kutai Kartanegara (Kukar) Sunggono mengikuti pemberian penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya ( APE ) tahun 2020 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) RI di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kukar secara virtual, Rabu (14/10/2021). 

 

Adapun Kabupaten Kukar meraih penghargaan APE 2020 kategori Tingkat Utama dengan nomor : 658/Men/KG.05/9/2021. Penghargaan ini merupakan penghargaan kepada kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak serta memenuhi kebutuhan anak.

 

Hasil penilaian berdasarkan tujuh komponen diantaranya komitmen, kebijakan, kelembagaan, sumber daya manusia dan anggaran, alat analisis gender dan gender budgeting statement, data gender serta partisipasi publik untuk kesejahteraan perempuan dan anak yang anggotanya terdiri dari lembaga masyarakat, dunia usaha dan media.

Sekretaris Pokja PUG, Aji Lina Rodiah mengatakan, berdasarkan surat KemenPPPA RI pada tanggal 20 September 2021 terkait pemberitahuan pemberian penghargaan APE 2020 pada tahun ini dilaksanakan secara virtual. Adapun pemberian penghargaan tersebut merupakan hasil evaluasi dan verifikasi lapangan oleh tim independen pada tanggal 25 Maret 2021.

 

"Alhamdulillah kita masih bisa mempertahankan penghargaan ini untuk kategori Tingkat Utama, sebenarnya harapan kita bisa meningkat menjadi kategori Mentor," ucap Aji Lina Rodiah yang juga menjabat sebagai Kadis DP3A Kukar.

 

Ditambahkannya, rasa syukur atas tetap diraihnya penghargaan tersebut kiranya tidak berlebihan. Menurutnya karena masih banyak tugas pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak yang mesti terus dilaksanakan guna menuju kesetaraan dan keadilan gender sebagaimana yang tercantum didalam Sustainable Development Goals (SDGs) pada poin kelima berupa kesetaraan gender (Gender Equality).

 

"Terimakasih kepada kawan-kawan driver maupun yang di Pokja PUG atas kerjasamanya selama ini, kerja keras kita ini tidak lain adalah bagian dari upaya mewujudkan program Kukar Idaman yaitu Inovatif, Daya Saing dan Mandiri," ucap Kadis DP3A Kukar Hj Aji Lina Rodiah.

 

Bupati Kukar Edi Damansyah dalam sambutannya yang dibacakan Sekda, mengapresiasi dan menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Kukar khususnya kepada Ketua Pokja PUG dan jajaran atas capaian prestasi kinerja pembangunan gender di Kabupaten Kukar. Secara berturut-turut mampu mempertahankan dan mendapatkan penghargaan APE kategori Tingkat Utama yang keempat kalinya berturut-turut sejak tahun 2014, 2016, 2018 dan 2020.

 

Lebih lanjut dia mengatakan, melalui prestasi tersebut menunjukkan bukti bahwa komitmen dan konsistensi bersama untuk terus mengawal dan membangun Kabupaten Kukar yang menjunjung tinggi nilai-nilai kesetaraan dan keadilan yang berperspektif gender.

Melalui tujuh prasyarat pembangunan gender, yang mana salah satunya mensyaratkan pentingnya partisipasi masyarakat untuk terlibat langsung dalam proses pembangunan gender saat ini maupun di masa yang akan datang menjadi pekerjaan rumah yang tidak akan pernah putus untuk dilakukan edukasi dan ditingkatkan implementasinya di tengah masyarakat.

Menurutnya, hal tersebut disebabkan oleh dinamika perkembangan teknologi 4.0 dan perubahan lingkungan global serta nasional belakang ini.

 

Dengan berbagai tantangan dan hambatan yang berdampak pada perubahan tuntutan kebutuhan hidup, perilaku manusia yang terjadi dalam dinamika interaksi sosial yang semakin kompleks, penuh kompetisi dan ketidakpastian.

Berkenan dengan itu, dirinya mengatakan dibutuhkan strategi manajerial dan kemampuan adaptif dalam menyikapi perubahan yang terjadi dengan saling bergandengan tangan, bekerjasama untuk berperan aktif secara positif guna perubahan yang terjadi dapat membawa kearah pembangunan yang bernilai positif.

 

Pemkab Kukar, lanjut Edi, terus berkomitmen dan sangat menyadari serta mendukung kebijakan internasional, pemerintah pusat untuk mengawal setiap perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di daerah yang responsif gender. Sehingga di dalam menetapkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2026 melalui visi misi Bupati dan Wakil Bupati Kukar, ditegaskan kembali bahwa cita-cita tersebut dituangkan dalam upaya pemerintah daerah untuk mewujudkan masyarakat Kukar yang sejahtera dan berbahagia dengan semboyan Kukar Idaman.

 

Diakhir sambutannya, orang nomor satu di Kukar itu berharap pemberian penghargaan di bidang pembangunan gender tersebut jangan membuat seluruh jajaran merasa cepat berpuas diri. Akan tetapi hal tersebut malah membuat seluruh jajaran agar terus berupaya untuk bekerja lebih sigap dan cepat khususnya dalam merespon perkembangan dinamika perubahan dengan berbagai problematika yang ada.

 

"Marilah kita bersama terus berkomitmen, bekerja dengan tekad dan semangat yang tinggi. Baik sebagai abdi negara dan abdi masyarakat untuk menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab sesuai amanah yang diberikan oleh Allah SWT, negara dan masyarakat Indonesia khususnya di Pemerintahan Kabupaten Kutai Kartanegara ini," ujar Sunggono.

 

Untuk diketahui, kegiatan yang dirangkai dengan syukuran. Turut dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kukar Maslianawati Edi Damansyah, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kukar Petty Rendi Solihin, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kukar Yulaikah Sunggono. (Prokom07).


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini215 pengunjung
Minggu Ini1.928 pengunjung
Bulan Ini6.398 pengunjung
Total Pengunjung110.281 pengunjung
Total Klik2.881.915 Kali