PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Rakor Camat, Desa dan Bumdes Se-Kecamatan Kota Bangun dan Muara Wis Bersama Kemendes PDTT

Pemerintahan Kukar    2 minggu yang lalu   
Administrator    96 Kali

Sumber Foto: Prokom

 

 

 

SAMARINDA - Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) sangat fokus terhadap potensi pertanian dalam arti luas, hingga sektor pariwisata yang sampai saat ini belum secara maksimal dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat.

 

Keberagaman potensi tersebut juga mendapat perhatian serius dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) melalui Direktur Pelayanan Investasi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PIKDPDTT) Dr Supriadi yang secara khusus melakukan pertemuan bersama jajaran Pemkab Kukar diwakili Asisten I Akhmad Taufik Hidayat di Ruang Pertemuan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kaltim, Senin 11 Oktober 2021.

 

Hadir juga Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Sutikno, Kadis Transmigrasi dan Tenaga Kerja Ahmad Hardi Dwi Putro para Camat, Kepala Desa dan Ketua Bumdes se-kecamatan Kota Bangun dan Muara Wis,

 

"Saya bersyukur bisa bersilaturahmi dengan para camat, kades dan bumdes yang ada di Kukar. Perlu diketahui bahwa indikator keberhasilan itu ada pada masyarakat, untuk itu semua desa harus bisa menciptakan inovasi dan Agro Industri sebagai bagian penguatan ekonomi berbasis potensi desa," kata Dr Supriadi.

 

Dijelaskan Dr Supriadi, tugas pokok kementerian desa, PDTT meliputi bidang pembangunan desa dan perdesaan, pemberdayaan masyarakat desa, percepatan pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi. Hal tersebut untuk membantu Presiden RI (Joko Widodo-red) dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.

 

"Ada 74.961 desa di Indonesia yang menjadi prioritas, diantaranya 62 kawasan pedesaan masuk prioritas nasional, 30 kawasan perdesaan prioritas kementerian, 62 daerah tertinggal, 52 kawasan transmigrasi prioritas nasional dan 100 kawasan transmigrasi prioritas kementerian," ujarnya.

 

Sementara target dari RPJMN sendiri kata Dr Supriadi yakni mengentaskan 10. 000 desa tertinggal menjadi berkembang, mendorong 5.000 desa berkembang menjadi mandiri, revitalisasi 62 kawasan perdesaan prioritas nasional dan mengentaskan 25 daerah tertinggal.

 

"Inilah yang menjadi target RPJMN Kementerian Desa, PDTT segera dituntaskan, sebagaimana amanat Presiden RI melakukan transformasi ekonomi dari potensi desa berdaya saing dan SDM unggul manufaktur dan jasa modern yang mempunyai nilai tambah tinggi bagi kemakmuran bangsa demi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," jelasnya.

 

Sementara itu Asisten I Akhmad Taufik Hidayat menyambut baik pertemuan bersama Direktur PIKDPTT Dr Supriadi dalam rangka penyempurnaan kerjasama pembangunan di sektor pertanian yang telah difasilitasi oleh Kementerian Desa, PDTT RI.

 

"Semoga pertemuan ini akan menambah semangat baru bagi pengembangan sektor pertanian di Kukar, termasuk semangat para camat, kepala desa dan ketua BUMDES, mendapatkan informasi penting, terutama tindak lanjut kerjasama dengan PT. MUM (Megah Utama Mandiri) di Kecamatan Kota Bangun dan Muara Wis," kata Akhmad Taufik yang juga Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD). (Prokom10)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini196 pengunjung
Minggu Ini1.909 pengunjung
Bulan Ini6.379 pengunjung
Total Pengunjung110.262 pengunjung
Total Klik2.881.619 Kali