PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Rakor Implementasi SIPD DPRD dan Pemkab Kukar

Pemerintahan Kukar    1 bulan yang lalu   
Administrator    127 Kali

Sumber Foto: Prokom

Tenggarong - Rapat Koordinasi (Rakor) DPRD Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) tentang Implementasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) Dalam Perencanaan dan Monitoring Kegiatan Pembangunan Daerah yang Berkualitas 2022. Kemudian Evaluasi Propemperda 2021 dan Penyusunan Propemperda 2022, di Hotel Mercure Samarinda, Jumat (15/10/2021). 

 

Diikuti Plt. Asisten II Pembangunan dan Ekonomi Setkab Kukar, Wiyono, 32 anggota dewan, dan Sekwan DPRD Kukar Ridha Darmawan serta perwakilan OPD terkait dilingkup Pemkab Kukar dibuka oleh Wakil Ketua DPRD Kukar, Alif Turiadi. 

 

Sambutan Bupati Kukar yang disampaikan oleh Plt. Asisten II, Wiyono mengatakan data pembangunan daerah menjadi informasi yang disajikan kepada masyarakat. Sebagai bahan pengambilan keputusan dalam rangka perencanaan pelaksanaan evaluasi kinerja Pemerintah Daerah. 

 

Yang bertujuan untuk mengoptimalkan pemanfaatan data dan informasi pembangunan daerah. Sebagaimana diketahui sejak 2021 pemerintah daerah telah menetapkan dalam penyusunan anggaran. 

 

"Karena ini merupakan tindak lanjut dari Permendagri Nomor 70 tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintah Daerah. Namun dalam implementasinya ternyata ada beberapa kendala baik pencernaan maupun pelaksanaannya akibat belum maksimalnya pengaturan dalam regulasi tersebut," ujarnya. 

 

Kemudian, lanjut bupati diterbitkan lagi Permendagri Nomor 90 tahun 2019 tentang Klasifikasi Kodefikasi dan Nomenklatur Perencanaan Bangunan dan Keuangan Daerah. 

 

Memadupadankan program kegiatan dan jenis kegiatan dan juga dalam pencairan nya pun mengalami keterlambatan. Sehingga serapan anggaran tahun ini juga kemungkinan sangat kurang. 

 

Evaluasi program pembentukan Peraturan Daerah (Perda) tahun 2021, masih terdapat pengajuan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

 

Dimana pengajuan Raperda yang akan dibahas tidak dilengkapi dengan persyaratan yang diwajibkan oleh regulasi. Bahkan mekanisme pengerjaannya pun juga tidak memperoleh ketentuan yang ada. 

 

"Kami berharap baik dari pusat, daerah maupun dari badan yang menangani pembentukan Perda. Agar dapat bersama-sama saling mengingatkan untuk mengikuti ketentuan yang ada. Sehingga Perda kita yang ada nanti tidak akan dinilai cacat prosedur," demikian pungkasnya. (prokom05) 


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini124 pengunjung
Minggu Ini1.960 pengunjung
Bulan Ini7.441 pengunjung
Total Pengunjung118.878 pengunjung
Total Klik3.021.643 Kali