PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Rendi Solihin Serahkan Bantuan Bagi Para Nelayan di Muara Badak dan Marang Kayu

Pemerintahan Kukar    2 bulan yang lalu   
Administrator    80 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG - Wakil Bupati (Wabup) Kutai Kartanegara (Kukar) Rendi Solihin menyerahkan bantuan pengadaan rumput laut dan mesin kapal kepada nelayan di Kecamatan Muara Badak, Sabtu (27/11/2022) kemarin. 

 

Bantuan itu diserahkannya saat kunjungannya ke Muara Badak dalam agenda dialog bersama nelayan terkait Program 25.000 nelayan produktif. 

 

Dalam sambutannya, Wabup Rendi mengatakan, kunjungan tersebut dimaksudkan untuk memantau implementasi Program Dedikasi Kukar Idaman bagi para nelayan, Kelompok Pembudi Daya Ikan (Pokdakan) dan Kelompok Usaha Bersama (KUB) pada tahun 2022. 

 

Untuk bidang Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kukar, secara eksplisit tercantum jelas terkait fasilitas sarana dan prasarana bagi 25.000 ribu nelayan dan Pembudidayaan Perikanan Produktif dalam upaya peningkatan produksi dan akses pemasaranannya.

 

Lebih lanjut, dikatakannya bahwa bantuan ini akan diberikan untuk 12 Pokdakan Kecamatan Muara Badak. Ada pun rincian bantuannya berupa pengadaan rumput laut sebanyak 285.000 kg, tiga Pokdakan Kecamatan Muara Muara Badak berupa mesin diesel sebanyak 36 unit, dan dua pokdakan untuk Kecamatan Marang Kayu berupa mesin disel sebanyak 24 unit.

 

Diberikan pula untuk dua KUB Kecamatan Muara Badak berupa mesin diesel sebanyak 23 unit dan tiga unit mesin speed boat untuk kelompok perikanan Harapan Bersama Desa Tanjung Limau, Kecamatan Muara Badak.

 

Dalam kesempatan itu, Rendi juga mengingatkan untuk para nelayan yang melakukan aktivitas penangkapan ikan diperairan umum, agar menghindari penggunaan racun, bom termasuk alat setrum.

 

Hal ini tentunya akan sangat merugikan banyak pihak, karena akan menimbulkan dampak. Yakni menyebabkan matinya sebagaian besar ikan-ikan kecil, sehingga populasi ikan lambat laun akan berkurang secara dratis. Sumber makanan ikan akan mati, sehingga akan berimbas pada kelangsungan hidup ikan.

 

“Untuk itu Pemkab Kukar bersinergi dan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menggerakan potensi pembangunan ekonomi rakyat secara berkelanjutan untuk mencapai Kabupaten Kukar yang diidamkan, yaitu sejahtera dan berbahagia serta inovatif berdaya saing dan mandìri,” tutupnya. (Dokpim-02)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: http://localhost:8041

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini34 pengunjung
Minggu Ini2.814 pengunjung
Bulan Ini11.598 pengunjung
Total Pengunjung275.662 pengunjung
Total Klik12.542.171 Kali