PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Sebanyak 40 Pendamping Desa Ikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas TPP P3MD

Pemerintahan Kukar    1 tahun yang lalu   
Administrator    495 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG - Setidak-tidaknya, ada tiga prioritas bagi desa yang perlu dituangkan dalam Rencana Kerja Pemerintahan Desa (RKPDes) Tahun Anggaran 2022, yaitu pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan Desa, program prioritas nasional sesuai kewenangan desa, serta mitigasi dan penanganan bencana alam dan non alam sesuai kewenangan desa.

Hal itu disampaikan Asisten Pemerintahan dan Kesra Akhmad Taufik Hidayat saat membacakan sambutan Bupati Kukar Edi Damansyah pada acara pembukaan Peningkatan Kapasitas Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Kutai Kartanegara, di hotel Grand Elty Singgasana, Jumat (29/10). 

 

"Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa, Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2021 tentang Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang merupakan turunan dari Undang-Undang Cipta Kerja, dan BUMDes sebagai badan hukum bisa langsung menjalankan usahanya," kata Taufik. 

 

Peran pendamping desa sangatlah penting untuk mencapai Visi dan Misi Kukar Idaman (2021-2026) serta Visi dan Misi Pembangunan Nasional tahun 2020-2024, serta melanjutkan program pemberdayaan masyarakat untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan, secara terpadu dan berkelanjutan.

 

Pelatihan ini sebagai salah satu cara peningkatan kapasitas tenaga pendamping profesional P3MD. Para peserta dipesank untuk mengikuti pelatihan ini secara serius dan materi yang disampaikan dapat diserap untuk kemudian diimplementasikan dalam tugas-tugas pendampingan P3MD.

 

"Kami berharap pendamping desa hendaknya senantiasa selalu mengembangkan diri, meningkatkan kapasitas dan terus belajar serta meng-update informasi dan aturan-aturan tentang desa, sebagai bekal untuk akselerasi percepatan progres capaian pembangunan khususnya pada skala lokal desa" harapnya. 

 

Kepala Bidang (Kabid) Kelembagaan Pembangunan Partisipatif dan Lembaga Adat DPMD Kukar Surya Atmaja menyampaikan, digelarnya peningkatan kapasitas ini bertujuan meningkatkan kapasitas pendamping desa dalam melaksanakan tugas sesuai ketentuan yang berlaku. Selain itu juga mengingatkan kembali peran dan fungsi pendamping desa, dan memperkuat semangat pendamping desa melaksanakan pendampingan dalam rangka konsultasi percepatan pembangunan untuk mewujudkan Kukar Idaman. 

 

Kegiatan diikuti peserta sebanyak 40 orang Pendamping Desa dan akan dilaksanakan selama tiga hari, dari tanggal 29 - 31 Oktober 2021 bertempat di hotel Grand Elty Singgasana. (Prokom01).


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: http://localhost:8041

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini251 pengunjung
Minggu Ini2.745 pengunjung
Bulan Ini10.507 pengunjung
Total Pengunjung255.730 pengunjung
Total Klik11.846.498 Kali