PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Sekda Buka FGD Tentang Pengelolaan Air Limbah Domestik

Pemerintahan Kukar    1 bulan yang lalu   
Administrator    229 Kali

Sumber Foto: Prokom

Tenggarong - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Sunggono membuka pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) membahas Rancangan Peraturan Daerah Tentang Pengelolaan Air Limbah Domestik dan Pembentukan Kelembagaan UPTD Pengelolaan Air Limbah Domestik Tahun 2021, di Ruang Aula Hotel Grand Fatma, Selasa, (15/06/2021).

 

Membacakan sambutan bupati, Sekda Kabupaten Kukar Sunggono mengatakan, FGD untuk menyatukan persepsi tentang perencanaan pembentukan Perda mengenai kelembagaan air limbah domestik serta diwujudkan secara nyata.

 

 “Momen FGD ini tentunya harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, tentu dengan harapan dapat tercapai beberapa hal yang sekiranya disepakati dari peserta yang ada. Hal penting yang menjadi kesepakatan tentunya untuk segera membuat draft peraturan perundangan terkait yang mengatur pembentukan UPTD atau lembaga yang menangani Air Limbah Domestik. Sehingga ke depannya dapat mendukung secara berkelanjutan dan bertahap untuk berfungsinya UPTD Air Limbah Domestik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," ujar Sunggono.

Lebih lanjut Sunggono juga mengatakan Pemerintah daerah akan tetap berkomitmen menangani permasalahan air limbah dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat, tentu untuk mewujudkan hal tersebut bukan hanya tanggung jawab pemerintah semata tapi perlu peran serta masyarakat untuk mengelola air limbah domestik serta bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan, keutuhan sumber daya alam dari pencemaran lingkungan.

 

"Oleh karena itu pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan untuk bersama sama menyatukan persepsi sesegera mungkin agar Peraturan Daerah Tentang Pengelolaan Air Limbah Domestik dan Pembentukan Kelembagaan UPTD Pengelolaan Air Limbah Domestik dapat disepakati sehingga action di lapangan dapat dilaksanakan secara nyata dan terarah," kata Sunggono

 

Kemudian Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Kukar Ahyani Fadianur dalam laporannya mengatakan maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan FGD pada hari ini adalah untuk menggali dan mendapatkan rumusan dalam menentukan dan menetapkan arah kebijakan Pemerintah Kabupaten kukar khususnya terhadap Pengelolaan Air Limbah Domestik dan Pembentukan Kelembagaan UPTD Pengelolaan Air Limbah Domestik Tahun 2021.

 

"Sebagai salah satu langkah yang dilakukan Pemerintah Daerah untuk menggali dan mencari rumusan yang tepat sebagai bahan guna menentukan kebijakan Pemerintah Daerah tentang Penyusunan Rancangan Peraturan Daerah Tentang Pengelolaan Air Limbah Domestik dan Pembentukan Kelembagaan UPTD Pengelolaan Air Limbah Domestik Tahun 2021 sehingga dapat segera melaksanakannya dengan memberikan pelayanan secara optimal kepada masyarakat" kata Ahyani

 

Tambah Ahyani mengatakan melalui FGD tersebut selain pertimbangkan baik-buruk dari sisi aturan, regulasi untuk mencapai kesepakatan akan tetapi dapat menjadi bahan strategi pengembangan sistem pengelolaan air limbah domestik berdasarkan aspek-aspek yang berkaitan langsung dengan sistem pengelolaan air limbah dan diharapkan pengembangan sistem tersebut sesuai dengan tujuan dan target dalam upaya nyata dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat. (Prokom 09).


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini13 pengunjung
Minggu Ini1.135 pengunjung
Bulan Ini6.818 pengunjung
Total Pengunjung94.289 pengunjung
Total Klik2.475.235 Kali