PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Sekda Kukar Hadiri Rakor KPPP Se-Kaltim

Pemerintahan Kukar    1 bulan yang lalu   
Administrator    635 Kali

Sumber Foto: prokom

Tenggarong - Sekda Kutai Kartanegara (Kukar) Sunggono menghadiri rapat koordinasi Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KPPP) Provinsi Kaltim tahun 2021 yang dibuka Setdaprov Kaltim Muhammad Sa'bani, di Hotel Gran Senyiur Balikpapan, Kamis (23/9/2021).

 

Kegiatan dalam rangka pengawasan terhadap penggunaan pupuk bersubsidi dan pestisida secara transparansi dan akuntabilitas tingkat provinsi dan kabupaten/kota se-Kaltim tersebut juga turut dihadiri perwakilan anggota komisi pengawas pupuk dan pestisida dari beberapa kabupaten/kota di Kaltim.

 

Ketua pelaksana Aning Suhartatik mengatakan, kegiatan tersebut diselenggarakan guna meningkatkan koordinasi pengawasan pupuk dan pestisida, mulai dari tahapan persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan sehingga berdampak baik terhadap penyaluran pupuk bersubsidi ketangan para petani dan kelompok tani serta untuk meminimalisir terjadinya penyimpangan.

 

"Menyamakan persepsi serta komitmen bersama untuk terus mengawasi peredaran pupuk serta pestisida di provinsi Kalimantan Timur dengan tujuan mempertahankan ketahanan pangan," ucap Anik Suhartatik.

 

Sementara, Setprov Kaltim Muhammad Sa'bani dalam arahannya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak terkait yang telah hadir pada kegiatan tersebut, melalui rakor tersebut dirinya berharap permasalahan khususnya berkaitan dengan pupuk bisa diinventarisir guna dicarikan solusinya.

 

Lebih lanjut, dirinya mengatakan bahwa ada dua hal yang menjadi permasalahan utama dilapangan terkait pupuk, antaranya kuota dan tidak sampainya distribusi, berkenan dengan itu dirinya beranggapan bahwa ada hal yang perlu diperhatikan khususnya terkait tata kelola yang lebih baik dan selalu dilakukan evaluasi, selain pengawasan dan transparansi.

 

Sedang untuk ditingkat petani dan kelompok tani, dirinya berharap untuk selalu diberikan pendampingan agar memiliki kemampuan menyusun Rencana Definitif Kebutuhan Kelompoktani (RDKK).

 

"Melalui rakor ini kita berharap bisa menginventarisir kembali, kompilasi berbagai permasalahan untuk dicarikan solusinya," ucap Setdaprov Kaltim H Muhammad Sa'bani.

 

Sedangkan di tingkat kabupaten dan kota khususnya dinas pertanian atau yang membidangi pertanian, dirinya berharap mampu memprediksi berapa jumlah produksi yang ingin dicapai, dan jenis tanaman apa, luasan lahannya berapa, serta sistem tanamnya bagaimana sehingga diketahui berapa banyak pupuk yang diperlukan.

 

Sementara itu, Sekda Kukar H Sunggono saat ditemui setelah rakor mengatakan mengucapkan terima kasih kepada KPPP Provinsi Kaltim karena Kabupaten Kukar mendapatkan alokasi yang lebih besar dari kabupaten/kota lainnya terkait beberapa jenis pupuk yang menjadi kebutuhan para petani yang ada di Kukar.

 

"Kita ucap terimakasih atas kebijakan pemerintah provinsi melalui KPPP Kaltim, dimana kita mendapatkan alokasi yang besar dibeberapa jenis pupuk yang kita butuhkan dibanding beberapa kabupaten/kota lainnya," ucap Sekda Kukar H Sunggono.

 

Ditambahkannya, mengutip hasil percakapannya dengan ketua KPPP Kaltim, dirinya mengatakan bahwa hasil penilaian KPPP Kaltim terkait kinerja pemerintah daerah dalam memberikan dukungan kepada para petani dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) yang ada di Kukar dianggap sangat maksimal kontribusinya.

 

"Semoga setelah rakor ini diharapkan kedepan tidak ada lagi kebocoran-kebocoran penyaluran pupuk dan penyalahgunaan, dimana nantinya komisi pengawas pupuk tingkat kabupaten/kota diminta untuk menindaklanjuti hasil rakor tersebut sehingga nantinya pemanfaatan pupuk bersubsidi telah sesuai dengan keperuntukannya," ujarnya.(prokom07).


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini182 pengunjung
Minggu Ini1.895 pengunjung
Bulan Ini6.365 pengunjung
Total Pengunjung110.248 pengunjung
Total Klik2.881.314 Kali