PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Sekda Sunggono Hadiri Konsinyering Harmonisasi Perubahan 2 Perda Kukar

Pemerintahan Kukar    2 minggu yang lalu   
Administrator    196 Kali

Sumber Foto: prokom

SAMARINDA – Potensi sumber daya minyak dan gas bumi di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) selama ini kurang dapat dinikmati secara ekonomis oleh masyarakat karena keterbatasan kewenangan pemerintah daerah maupun keterbatasan sumber keuangan. 

 

Pada Pemerintah Nomor 35 Tahun 2004, keikutsertaan pemerintah daerah hanya diatur pada wilayah kerja eksplorasi pertama saja, dan tidak mengatur wilayah kerja yang sudah memasuki fase perpanjangan.

 

Demikian dikatakan Sekretaris Kabupaten Kukar Sunggono saat membacakan amanat tertulis Bupati Kukar  pada kegiatan konsinyering harmonisasi perubahan Perda No. 12 tahun 2017 tentang pembentukan Badan Usaha Milik Daerah Perseroan Terbatas PT. Mahakam Gerbang Raja Migas (Perseroda) dan perubahan Perda Kabupaten Kutai Kartanegara No. 3 tahun 2017 tentang peran serta lokal terhadap industri ekstraktif minyak dan gas bumi, Sabtu (17/4/2021).

 

Menurut Sunggono perubahan Perda dimaksud adalah dalam rangka untuk menindaklanjuti arahan hasil pemeriksaan BPK RI berkenaan dengan belum optimalnya menerimaan PI 10% Blok Mahakam.  

 

Penerimaan PI sebelum masuk kas daerah dalam bentuk deviden sudah terpotong sesuai dengan Anggaran Dasar PT. MGRM yang membagi 65% untuk Pemda dan 35% PT. MGRM. Oleh BPK hal ini dianggap penerimaan dari PI menjadi tidak optimal sehingga perlu diantisipasi dengan merubah terutama di pasal 16 yang mengatur bahwa penerimaan dari PI bukan lagi merupakan pendapatan usaha PT. MGRM.

 

 Konsinyering Harmonisasi yang digelar oleh Pansus DPRD Kukar ini akan meluruskan semua sejarah di masa lalu, tidak terulang lagi.

 

Sementara itu, menurut Ketua Pansus DPRD Kukar Jumarin mengatakan kegiatan ini sebagai salah satu sarana mengharmoniskan seluruh kepentingan bersama supaya dalam pelaksanaannya tidak ada yang merasa untung atau dirugikan , dan semua itu demi kesejahteraan masyarakat Kukar sebagai daerah penghasil minyak. Untuk itu ia berharap kepada Pemkab Kukar maupun dinas instansi terkait dapat mengkaji ulang serta memberikan masukan sebelum Perubahan Perda tersebut di tetapkan. (prokom 03).


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini70 pengunjung
Minggu Ini1.257 pengunjung
Bulan Ini5.019 pengunjung
Total Pengunjung78.266 pengunjung
Total Klik2.081.981 Kali