PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Terpilih Secara Langsung dan Demokratis, Bupati Pesan Laksanakan Tiga Fungsi Utama BPD

Pemerintahan Kukar    1 bulan yang lalu   
Administrator    169 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah melantik dan mengambil sumpah jabatan Pengurus Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Segihan Kecamatan Muara Sebulu periode 2022 - 2028, Jumat (27/5) di halaman kantor desa setempat. 

 

Bupati mengapresiasi masyarakat Desa Segihan yang telah sukses melaksanakan pemilihan BPD secara langsung dan demokratis. "Saya mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada kepala desa (Kades)  dan panitia pelaksana pemilihan yang telah sukses melakukan pemilihan BPD secara langsung dan dilantik sekarang ini," kata Bupati Edi Damansyah.

 

Dari 193 desa belum semuanya melaksanakan pemilihan BPD secara langsung dengan demokratis, masih ada pemilihan secara musyawarah yang mewakili keterwakilan masyarakat.

 

"Berarti ada kemajuan masyarakat Desa Segihan pemahamannya  terhadap demokrasi,  dan apa yang kita lakukan ini (pelantikan) merupakan bagian dari proses demokrasi itu," ujarnya. 

 

Bupati berharap BPD terpilih bisa melaksanakan tugas dengan baik sebagai mitra kepala desa, dan sebagai lembaga yang melaksanakan fungsi-fungsi pemerintahan. 

 

Disebutkannya  fungsi BPD ada tiga antara lain membahas dan menetapkan peraturan desa bersama kepala desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat,  dan mengawasi kinerja kepala desa. 

 

"Tiga fungsi utama itu tolong dipahami dan dilaksanakan dengan baik, tugas-tugas yang menjadi kewenangan pemerintahan desa agar berjalan dengan baik," pintanya. 

 

Edi berharap momentum pelantikan ini merupakan sebagai awal para anggota BPD terpilih berkekuatan hukum dalam menjalankan tugas-tugasnya. "Kuatkan tekad, semangat dan minat bahwa kita diberikan amanat ini ada kurun waktunya,  untuk itu bekerjalah dengan sungguh-sungguh," pesan Bupati. 

 

Sementara itu perwakilan BPD terpilih Padriadi berjanji akan melanjutkan program - program BPD terdahulu, dan menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang belum terselesaikan. 

 

" Semoga dengan terbentuknya BPD yang baru bisa membawa dampak positif dan membawa Desa Segihan lebih maju," ujarnya. 

 

Hadir dalam acara pelantikan ketus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kukar KH. Abdul Hanan, Kadis Pertanian dan Peternakan Sutikno, Kadis Perikanan dan Kelautan Muslik, Kadis Pemuda dan Olahraga Aji Ali Husni, Kadis  Perumahan dan Kawasan Permukiman Maman Setiawan, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Arianto, Plt. Kadis Perkebunan dan Kehutanan M.Taufik Rahmani, Camat Sebulu Eddy Fahrudin serta unsur Muspika Kecamatan.(Prokom01).


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kopidoni.com

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini347 pengunjung
Minggu Ini3.143 pengunjung
Bulan Ini13.252 pengunjung
Total Pengunjung196.879 pengunjung
Total Klik7.785.395 Kali