PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Wabup Hadiri Apel Siaga Tim TPK Nusantara, Targetkan Penurunan Angka Stunting 14 Persen dan Kerahkan 477 Tim TPK

Pemerintahan Kukar    2 bulan yang lalu   
Administrator    88 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG – Apel siaga Tim Pendamping Keluarga (TPK) Nusantara yang berlangsung di Subang dihadiri Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Deputi APDIN BKKBN Sukaryo Teguh Santoso, Kepala BKKBN Dr Hasto Wardoyo, diikuti secara virtual 33 Provinsi.

 

Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rendi Solihin didampingi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) Kukar Adi Nur, Komandan Kodim 0906/Kutai Kartanegara (Kkr) Letkol Inf Jeffry Satria, Pendamping Keluarga (TPK) Kabupaten Kukar dan OPD dilingkungan Pemkab Kukar, mengikuti secara virtual di Ruang Serbaguna Kantor Bupati Kukar, Kamis (12/5/22).

 

Kepala DP2KB Kabupaten Kukar Adi Nur mengatakan, acara yang dilaksanakan serentak ini diikuti TPK seIndonesia tersebut untuk menumbuhkan semangat TPK dalam melakukan tugasnya. Kukar sendiri mempunyai 477 TPK dengan personil 1431 orang tersebar di 18 Kecamatan yang terbentuk dari tahun 2021 lalu.

 

"Tim ini kami kerahkan agar bisa memerangi stunting di Kukar yang dari data Berdasarkan data Survei Status Gizi Balita Indonesia (SSGBI) pada tahun 2021, prevelensi stunting di Indonesia mencapai 26 persen. Artinya, sekitar satu dari tiga anak balita (lebih dari delapan juta anak) di Indonesia mengalami stunting. Angka tersebut masih sangat tinggi jika dibandingkan dengan ambang batas yang ditetapkan WHO yaitu 20 persen," katanya.

 

Dalam upaya penanganan stunting di Indonesia, pemerintah sendiri sudah menargetkan program penurunan stunting menjadi 14 persen di tahun 2024 mendatang. Memenuhi target tersebut merupakan sebuah tantangan besar bagi Pemerintah Kukar dan masyarakat. Aktivitas di Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) harus mulai dimaksimalkan. 

 

"Untuk itu kami sangat berharap peran semua pihak dalam berkolaborasi memerangi stunting ini, agar Kukar bisa menggapai zero stunting seperti yang dilakukan daerah Jawa Barat yang sudah mulai mendekati zero stunting, BKKBN terus lakukan pelatihan, orientasi kepada para TPK agar terus bergerak maju menuju perubahan. Walaupun sekarang TPK cuma dibekali pulsa 100 ribu dan 10 ribu perbulan buat jalan kekeluarga yang didampingi, namun mereka tetap semangat, karena semua demi keluarga dan masyarakat sekitar," ujarnya.

 

Lebih lanjut kata Adi Nur, apel tersebut dihadiri oleh 514 Kabupaten dan Kota di Indonesia serta 600 ribu kader, termasuk Kukar telah melakukan komitmen untuk mensukseskan pencegahan stunting di Indonesia.

 

“Upaya ini serentak dilakukan agar anak-anak Indonesia dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan maksimal, dengan disertai kemampuan emosional, sosial, dan fisik yang siap untuk belajar, serta mampu berinovasi dan berkompetisi di tingkat global dan Kukar akan terus lakukan pencegahan sejak dini dari pendampingan pengantin baru dan pendampingan para ibu hamil dimana anak masih dalam kandungan bisa tumbuh dengan baik agar tidak terjadi stunting,” pungkasnya.(Prokom06).


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kopidoni.com

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini66 pengunjung
Minggu Ini2.943 pengunjung
Bulan Ini11.806 pengunjung
Total Pengunjung210.891 pengunjung
Total Klik9.134.221 Kali