PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Wabup Kukar: Wujudkan Target Reforma Agraria, Tiga Kecamatan di Kukar Ditetapkan Jadi Percontohan TORA

Pemerintahan Kukar    1 bulan yang lalu   
Administrator    98 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG - Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rendi Solihin menghadiri serah terima proposal pelepasan kawasan hutan untuk percepatan Redistribusi Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) dari kawasan Hutan Produksi Konversi (HPK) tidak produktif berbasis penataan agraria berkelanjutan di Ballroom Hotel The Westin Jakarta, Selasa (9/8/22).

 

Acara tersebut di hadir Menteri Agraria Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Gubernur Kaltim Isran Noor dan Asisten I Bidang Pemerintahan Setkab Kukar Akhmad Taufik Hidayat.

 

Gubernur Kaltim Isran Noor pada acara tersebut menerima proposal pelepasan kawasan hutan untuk percepatan redistribusi tanah objek reforma agraria (Tora) dan kawasan HPK tidak produktif berbasis penataan agraria berkelanjutan dari Menteri Agraria Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto dan kembali diserahkan oleh Gubernur Kaltim Isran Noor kepada Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin.

 

Saat ditemui usai acara Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin mengatakan, sangat bersyukur bahwa Kukar bisa menjadi salah satu Kabupaten dari lima kabupaten yang menjadi pilot proyek kementerian Agraria.

 

"Ini sangat berdampak baik sekali untuk masyarakat khususnya 3 kecamatan yang sudah ditunjuk yaitu Kecamatan Tabang, Kembang Janggut dan Marang Kayu," ungkapnya.

 

Wabup Rendi Solihin juga sangat bersyukur bahwa sekitar 3800 hektare tanah bisa disertifikatkan dan dikembalikan kepada masyarakat.

 

Rendi mengakui proses ini sangat panjang dan ia berharap nantinya setelah pilot proyek 3800 hektare diselesaikan dan dapat diserahkan kembali kepada masyarakat.

 

Rendi juga meminta program ini bisa dilanjutkan kepada wilayah-wilayah potensial lainnya agar bisa mendapatkan sertifikat, sehingga yang tadinya kawasan tersebut tidak produktif menjadi kawasan produktif. Diakhir Rendi berharap pelepasan ribuan hektare ini bisa menjadi multiplayer efek kesemua sektoral terutama untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di Kukar.(Prokom08)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: http://localhost:8041

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini315 pengunjung
Minggu Ini3.126 pengunjung
Bulan Ini12.554 pengunjung
Total Pengunjung230.404 pengunjung
Total Klik10.107.122 Kali