PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

15 Desa Terpilih Menjadi Desa Sasaran PAMSIMAS III

Pemerintahan    3 tahun yang lalu   
   683 Kali

Sumber Foto: Sekda kabupaten Kukar H Marli membuka acara sosialisasi program Pamsimas III.

TENGGARONG –Sebanyak 15 desa di 9 kecamatan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar)  terpilih  menjadi desa sasaran Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) III, hal tersebut diungkapkan Kabid Sarana dan Prasarana Pengembangan Wilayah Bappeda  Kabupaten Kukar Hendra Ciptadi, pada acara Sosialisasi Program Pamsimas III, di Bappeda Kukar, Rabu (26/4). Adapun ke 15 desa tersebut adalah  Desa Tani Harapan Kecamatan Loa Janan, Desa Tani Bakti Kecamatan Samboja, Desa Handil Terusan Kecamatan Anggana, Desa Saliki dan Badak Mekar Kecamatan Muara Badak, Desa Suka Bumi, Loleng, Kedang Ipil, Benua Baru dan Sedulang Kecamatan Kota Bangun, Desa Giri agung dan Lekaq Kidau Kecamatan Sebulu, serta Desa Sedulang, Sabintulung dan Lebahu Ulaq Kecamatan Muara Kaman.
 
Acara dirangkai dengan penyerahan piagam Desa Open Defecation Free (ODF) atau stop buang air besar sembarangan dari Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim yang diserahkan oleh Sekda Kukar H Marli kepada 8 desa yaitu Desa Mulawarman Kecamatan Tenggarong Seberang , Desa Giri Agung Kecamatan Sebulu, Desa Bukit Biru Kecamatan Tenggarong, Desa Lekaq Kidau Kecamatan Sebulu, Desa Margahayu Kecamatan Loa Kulu, Desa Rapak Lambur Kecamatan tenggarong, Desa Lamin Pulut Kecamatan Kenohan dan Desa Bunga Jadi Kecamatan Muara Kaman.
 
Dalam sosialisasi tersebut dihadirkan nara sumber  dari provincial coorp PAMSIMAS III M Amin, District Managemen PAMSIMAS III Hendri Wibowo, dan District Coordinator Debit Losong. Menurut Hendra Ciptadi PAMSIMAS III merupakan program yang dicanangkan dalam rangka pemenuhan kebutuhan air minum dan sanitasi untuk wilayah pedesaan melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. “Pelaksanaan program Pamsimas III untuk Kabupaten Kukar dimulai tahun 2015 lalu, diawali dengan pengajuan surat pernyataan minat untuk mengikuti program Pamsimas III oleh Bupati Kukar,” kata Hendra Cipta.
 
Ia menjelaskan pola yang diterapkan dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan sarana air minum dan sanitasi didesa melalui program PAMSIMAS III menggunakan pola swakelola oleh masyarakat melalui Kelompok Swadayaan Masyarakat (KKM),  yang telah dibentuk dengan musyawarah mufakat didesa. “Dari 15 desa yang menjadi sasaran program  PAMSIMAS III, terdapat 12 desa yang pendanaannya bersumber dari APBN dan 3 desa bersumber dari APBD Kabupaten Kukar, yaitu Desa Badak Mekar, Desa Lekaq Kidau dan Desa Sedulang,”ungkapnya.
 
Sementara Sekda Kukar H Marli mengatakan   untuk mewujudkan program nasional akses universal air minum dan sanitasi 2019 dengan capaian target 100 persen yang berkelanjutan, program PAMSIMAS  ditantang untuk melakukan berbagai pendekatan dan berkolaborasi secara proaktif dalam pemanfaatan sumber dana non pemerintah, SDM dan program utama dibidang pengembangan kapasitas dengan pihak–pihak lain diluar program PAMSIMAS. “Dalam pengelolaan program PAMSIMAS III, telah disediakan tenaga pendamping dari kabupaten, dalam hal ini adalah koordinator kabupaten dan tim fasilitator masyarakat yang bertugas memfasilitasi tahapan kegiatan ditingkat desa,”ujarnya.
 
Ia berharap dengan adanya sosialisasi dapat menginformasikan pelaksanaan program PAMSIMAS III, menjaring peminatan tentang kebutuhan bantuan program air minum dan sanitasi,  dan menumbuhkan keasadaran bersama bahwa pencapaian akses universal air minum dan sanitasi merupakan program bersama yang membutuhkan kerjasama antara pemerintah pusat sampai dengan desa. (Rusmala Dewi - Medsi06)

TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini39 pengunjung
Minggu Ini1.047 pengunjung
Bulan Ini4.772 pengunjung
Total Pengunjung75.501 pengunjung
Total Klik1.981.970 Kali