PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

150 Pejabat Administrator Kukar Ikuti Pemetaan Kompetensi

Pemerintahan    1 tahun yang lalu   
   206 Kali

Sumber Foto: Sekda Kukar Sunggono saat membuka pemetaan kompetensi pejabat administrator (eselon III.a/III.b) dilingkungan Pemkab Kukar. (prokom)

TENGGARONG - Sebanyak 150 orang terdiri dari Pejabat Eselon III.a/III.b dilingkungan Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) mengikuti Pemetaan Kompetensi diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM).

Kegiatan tersebut berlangsung selama 5 (lima) hari tanggal 28 Oktober s/d 2 Nopember 2019, dibuka Sekda Kukar H Sunggono di Ruang Serbaguna, Kantor Bupati, Tenggarong,  Senin (28/10/2019).

Dalam sambutan tertulis Bupati Kukar Edi Damansyah dibacakan Sunggono menyambut baik atas terselenggaranya pemetaan kompetensi pejabat administrator dilingkungan Pemkab Kukar.

“Saya berharap melalui peningkatan kompetensi ini dapat mengimplementasikan kemampuan dalam pekerjaan dibarengi dengan kualitas integritas yang tetap terjaga,” katanya.

Menurutnya, Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur Kukar juga harus profesional dan menguasai Iptek (Ilmu pengetahuan dan teknologi) dan Imtaq (Iman dan taqwa) sehingga dapat bersaing di era Revolusi Industri 4.0.

Hasil dari pemetaan kompetensi sendiri akan digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam rangka pemetaan pejabat struktural, serta sebagai bahan evaluasi dalam rangka peningkatan kompetensi masing-masing pejabat, sehingga didapatkan PNS yang profesional.

“Proses pemetaan kompetensi tersebut juga telah dipersiapkan melalui konsep SINTAKU (Sistem Informasi Talenta Kutai Kartanegara). Hasil ujinya akan dimasukkan kedalam aplikasi manajemen Talenta yang kemudian akan ditindaklanjuti dengan hasil informasi PNS Kukar telah siap menjadi pemimpin masa depan,” ujarnya.

Sementara itu Kepala BKPSDM Jane A.R Nazaruddin menyebutkan, sebanyak 150 orang pejabat eselon III.a/III.b. Adapun jumlah pejabat administrator baik eselon III.a/III.b saat ini berjumlah 219 orang. Tetapi ada beberapa pejabat yang tidak ikut dalam pemetaan kompetensi dengan rincian 41 orang telah berusia diatas 56 tahun, 7 orang sudah mengikuti assessment pada seleksi jabatan tahun 2018 dan 31 orang lainnya sudah mengikuti assessment pada seleksi jabatan tahun 2019.

“Tujuan pemetaan kompetensi bagi pejabat administrator adalah mengetahui informasi mengenai kemempuan PNS dalam melaksanakan tugas jabatan dan menyediakan informasi mengenai kompetensi PNS dalam profil PNS,” katanya.

Diketahui, BKPSDM menghadirkan penguji dari Assesor dan Psikolog Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dengan metode pemetaan kompetensi terdiri dari 4 tahapan yakni Psikotest Intelegensi, Kepribadian, LGD (Leaderless Group Discussion) dan Wawancara. (Medsi01**)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini82 pengunjung
Minggu Ini1.092 pengunjung
Bulan Ini4.643 pengunjung
Total Pengunjung75.044 pengunjung
Total Klik1.970.012 Kali