PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

3 Jembatan on Progress, Sisanya dalam Perencanaan

Pemerintahan    7 tahun yang lalu   
   4355 Kali

Sumber Foto: JEMBATAN MARTADIPURA: Jembatan yang bertahun-tahun tak dapat difungsikan karena tidak ada jalur pendekat ini, akan segera mendapat kejelasan nasib.

TENGGARONG – Dalam upaya pemerataan pembangunan, Pemkab Kukar bakal bakal membangun sejumlah jembatan baru. Selain jembatan Kartanegara Tenggarong pasca runtuh 26 November 2011 silam, masih ada sekitar 6 pembangunan jembatan, dan atau penambahan pembangunan untuk jembatan yang telah ada. Seperti pada 2 jembatan yang berada di Kecamatan Kota Bangun, pembangunan jembatan pedestrian yang menuju P Kumala, Jembatan Loa Kulu, Sebulu, Tabang, serta jembatan penghubung Kecamatan Anggana dan Sangasanga Muara dikawasan Delta Mahakam.

Menurut penuturan Rita, pengerjaannya pembangunan jembatan di Kukar ini dilaksanakan
secara bertahap. “Kami membangun satu persatu. Dengan jembatan ini maka akan lebih mudah
bagi masyarakat untuk menikmati akses jalan,” ucapnya.Untuk jembatan Pedestrian yang kearah P Kumala (Tenggarong), dikatakan jika pada APBD 2013 ini telah memasuki tahap perencanaan. “Tahun ini perencanaan sudah ada, untuk pembangunannya dilakukan dalam 1 periode di 2014 nanti,” jelas ibu 3 anak ini. Sedangkan Untuk jembatan Loa Kulu, akan segera dilelang Oktober 2013 ini oleh Pemerintah pusat. “Saat ini, jembatan yang akan dibangun dengan empat jalur itu sudah memiliki dana yang bersumber dari APBN,” katanya.Pembangunan Jembatan Loa Kulu diperkirakan akan menelan dana hingga Rp 700 miliar dan semua dana dari APBN. “Kita (Pemkab Kukar) sudah menyumbang banyak. Sudah saatnya pusat berpihak pad kita untuk memberikan bangunan yang layak dan megah,” paparnya.

Sedangkan untuk 2 jembatan yang ada di kecamatan Kota Bangun yaitu Martadipura 1 dan 2, saat ini proses pembuatan jalur pendekat sudah dalam pengerjaan. “Pembangunan untuk jembatan Martadipura sudah on progress, jadi sebentar lagi daerah-daerah di Hulu akan segera memiliki jalur darat yang nyaman,” jelasnya. Membangun suatu jembatan, menurut Rita rata-rata membutuhkan dana hingga ratusan miliar. Dari seluruh rencana pembangun jembatan di Kukar tersebut, hanya Jembatan Kartanegara sayang dananya dianggap cukup ‘rendah’ yakni Rp191 miliar. Kemarin (30/9) Rita bersama jajarannya meninjau progress pengerjaan Jembatan Kartanegara yang berdampingan dengan lokasi pembangunan Royal Word Plaza (RWP). Para pekerja sedang sibuk menyiapkan tiang pancang yang digunakan sebagai penguat pondasi jembatan. Dari hasil laporan Dinas Bina Marga, bahwa tiang pancang jembatan sudah terpasang 30 tiang dari 40 tiang pancang yang akan dipasang.

Dia berharap, semua proses pembangunan akan berjalan baik dan sejauh ini dari segi peralatan tidak ada masalah, karena semuanya sudah disiapkan yang terbaik. “Insyaallah jika sesuai harapan kita semua pada 2014 bangunan jembatan ini mulai kelihatan bentuknya,” katanya disela-sela tinjauannya ke lokasi pembangunan jembatan Kartanegara.Adapunspesifikasi jembatan Kartanegara: tipe jembatan yakni “Continious Arch Bridge” atau jembatan pelengkung menerus dengan rangka baja, memiliki panjang keseluruhan 710 meter, bentang utama 470 mete, lebar 10,45 meter dengan lebar lajur lalu litas 7 meter. Tipe pondasi tiang pancang yakni steel pipe atau tiang pancang baja dengan ketinggian badan jembatan dari permukaan air sungai normal 19 meter. (HMS.DI)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini73 pengunjung
Minggu Ini1.260 pengunjung
Bulan Ini5.022 pengunjung
Total Pengunjung78.269 pengunjung
Total Klik2.082.169 Kali