PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

70 mahasiswi Ikuti Capping Day

Pemerintahan    9 tahun yang lalu   
   1686 Kali

Sumber Foto: Asisten III Setkab Kukar Chairul Fadlan didampingi Umu choiriyah Kasi tenaga dan sarana Dinkes Prov. Kaltim serta Direktris Akbid Kutai Husada Tri Handayani saat melakukan pemasangan kap dan atribut

TENGGARONG- Asisten III Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Setkab Kukar Chairul Fadlan, Rabu ( 16/1 ) melakukan pemasangan kap dan atribut secara simbolis kepada mahasiswi Akademi Kebidanan Kutai Husada Tenggarong Angkatan VI Tahun Akademik 2012 / 2013 di Pendopo Odah Etam Tenggarong, yang disaksikan forum koordinasi pimpinan daerah Kukar, para SKPD, direktur Akbid beserta jajaran, para orang tua, mahasiswi Akbid Kutai Husada dan sejumlah undangan lainnya.

Bupati Kukar dalam sambutan tertulisnya dibacakan Chairul Fadlan mengatakan, ilmu kebidanan adalah ilmu yang mulia dimana penanganan medis seorang bidan memberikan pengaruh yang besar bagi seorang ibu yang melahirkan anaknya dalam kehidupan ini. Oleh sebab itu selayaknyalah praktek kebidanan oleh para mahasiswi harus memaknai profesi tersebut dan keilmuan medis kebidanannya. Hal ini jelas memberikan kontribusi bagi realitas kehidupan dalam suatu rangkaian penanganan medis dan tujuan medis, tambahnya.
 
Oleh  karena itu, pengembangan ilmu kebidanan harus terus menerus mengalami perubahan – perubahan yang konstruktif dan hal ini sangatlah wajar bila para mahasiswi menambah pengalaman dan wawasannya melalui praktek klinik, memiliki tanggung jawab yang profesionalisme sekaligus mampu menjaga kerahasiaan didalam penanganan medis para pasien.Mudah – mudahan melalui Capping Day, para mahasiswa mampu mengembangkan ilmu kebidanannya sekaligus memahami profesinya dengan sungguh – sungguh dalam penerapannya atau praktek klinik guna menghayati pengabdian kepada masyarakat selaras dengan misi Gerbang Raja yaitu meningkatkan sumber daya manusia sekaligus memberikan afresiasi teknis kebidanan didalam pengabdiannya kepada masyarakat.
 
Sementara itu, menurut direktis Akbid Kutai husada Tenggarong Try Handayani mengatakan, upacara pemasangan kap dan ucap janji kepaniteraan atau Capping Day merupakan kegiatan rutin yang dirangkai dengan kegiatan akademik yang mempunyai arti khusus bagi para mahasiswi, karena prosesi tersebut merupakan langkah awal bagi mahasiswi dalam melaksanakan praktek mandiri di laboratorium kampus maupun klinik, agar mahasiswa mempunyai rasa tanggung jawab dalam melakukan kegiatan pelayanan kesehatan, sesuai dengan janji yang diucapkan sekaligus memacu orang tua mahasiswi untuk ikut serta dalam memikirkan tercapainya pendidikan yang berkualitas dan bermutu yang bisa diterima ditengah – tengah masyarakat.

Namun pada tahun akademik ini berdasarkan kurikulum baru 2011, Akbid Kutai Husada Tenggarong belum menurunkan mahasiswi ke lahan klinik dan akan dipersiapkan untuk melaksanakan klinik kebidanan pada semester selanjutnya, jelas Try Handayani. Adapun mahasiswa yang mengikuti upacara pemasangan kap dan janji berjumlah 70 ( tujuh puluh ) mahasiswi semester I dimana para mahasiswi ini telah mengikuti pembelajaran teori dan praktek selama kurang  lebih 5 bulan di Rumah Sakit Umum Parikesit tenggarong dan RSUD Aji Batara Agung Dewa Sakti Samboja, tambah Try Handayani ( hmp 04 ).


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kopidoni.com

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini303 pengunjung
Minggu Ini4.368 pengunjung
Bulan Ini16.105 pengunjung
Total Pengunjung180.932 pengunjung
Total Klik5.415.291 Kali