PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Akte Kelahiran Penting untuk Anak

Pemerintahan    8 tahun yang lalu   
   2073 Kali

Sumber Foto:

TENGGARONG - Menanggapi adanya penilaian terhadap pelayanan yang belum sesuai keinginan masyarakat, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Getsmani Zeth mengatakan bahwa pelayanan kepada masyarakat terus ditingkatkan terutama dalam hal pengurusan akte kelahiran.
"Pelayanan terus kita tingkatkan dan tidak ada masalah dalam hal ini," kata Getsmani Senin (30/4) diruang kerjanya Tenggarong.

Menurut dia, meminta kepada masyarakat pentingnya identitas berupa akte kelahiran bagi anak, dimana identitas dari diri seseorang yang paling utama dicari adalah akte kelahiran. "Akte kelahiran ini sangatlah penting dan saya berharap kepada orang tua yang memiliki anak agar segera melaporkannya ke Disdukcapil untuk dibuatkan akte kelahiran," katanya.

Dijelaskan Getsmani, dalam hal pemngurusan akte kelahiran ini benar-benar mendapat perhatian dari Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari, dimana dalam program ini umur 0 sampai 21 hari kelahiran anak mendapatkan dispensasi sebesar Rp 500 ribu termasuk kematian.
"Saya berharap kepada masyarakat agar kelahiran anaknya segera dilaporkan ke disdukcapil yang selanjutnya dibuatkan akte kelahiran. Dan 0-21 hari kelahiran anak akan diberikan dispensasi sebesar Rp 500 ribu termasuk kematian agar dilaporkan juga," pintanya.

Ditambahkan dia, sesuai dengan perundangan 0 sampai 1 tahun pengurusan akte kelahiran bisa melalui Disdukcapil, dan 1 tahun ke atas harus melalui Pengadilan Negeri Tenggarong dengan dikenakan biaya perkara sebesar Rp 250 ribu.

Senada Kadidukcapil Getsmani juga dikatakan Kepala Bidang Pencatatan Sipil Moh. Abbas menjelaskan pihaknya terus meningkatkan pelayanan kerja sesuai dengan Standard Operasional Pelayanan (SOP).
"Dalam pelayanan pasti ada kekurangan, namun kita terus berusaha untuk tetap memperkecil kekurangan itu," katanya.
Diakuinya, memang ada kekurangan alat dalam pembuatan akte kelahiran, namun kekurangan tersebut sudah dapat teratasi. "Kita sudah memesan mesin ketik bermerek IBM, termasuk tinta dan penghapus sebanyak 20 unit dan barang tersebut sudah di kirim," ujarnya. (hmp4)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini91 pengunjung
Minggu Ini1.101 pengunjung
Bulan Ini4.652 pengunjung
Total Pengunjung75.053 pengunjung
Total Klik1.970.304 Kali