PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Aminduk Kukar Jadi Percontohan

Pemerintahan    6 tahun yang lalu   
   716 Kali

Sumber Foto: Petugas Disdukcapil Kukar memberikan pelayanan kependudukan kepada warga.(joe)

TENGGARONG - Direktur Jenderal Departemen Dalam Negeri menujuk Kutai Kartanegara sebagai kabupaten percontohan pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) di Indonesia. Penunjukan berdasar beberapa penilaian yang dianggap lebih baik dari kabupaten lain diantaranya dalam pelayanan administrasi kependudukan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kutai Kartanegara, Getsmani Zeth mengakui jika penunjukan Dirjen Depdagri tersebut berdasarkan beberapa faktor dan penilaian yang dianggap lebih baik dibanding daerah lain. Misalnya pelayanan pembuatan akta kependudukan, baik akta kelahiran, akta kematian dan beberapa pelayanan administrasi kependudukan lainnya, termasuk pelayanan keliling (mobile).

"Daerah kita dinilai layak untuk menjadi kabupaten percontohan bagi seluruh daerah di Indonesia dalam. Penunjukan ini langsung dari Dirjen Depdagri," kata Getsmani Zeth, Jumat (3/10). Menurutnya sebagai kabupaten percontohan pelayanan administrasi kependudukan  merupakan kebanggaan, berkat upaya perbaikan pelayanan yang terus dilakukan Disdukcapil Kukar. Namun di sisi lain, lanjut Getsmani, penunjukan itu sebagai sebuah beban tanggungjawab tersendiri untuk terus meningkatkan pelayanan agar lebih maksimal.

Pasalnya, sebagai kabupaten percontohan, Kukar harus bisa menunjukan yang terbaik sehingga layak untuk menjadi daerah tujuan study banding bagi daerah-daerah di seluruh Indonesia. "Sehingga siap memberikan informasi terkait pelayanan administrasi kependudukan kepada daerah lain yang datang menggali informasi yang kita terapkan," ujar Getsmani Zeth. Tentunya dengan   memaksimalkan peran staf sesuai pungsinya. Bukan hanya staf bidang tertentu, tapi seluruh jajaran di Disdukcapil. "Ini pekerjaan besar yang harus dibuktikan secara konsisten," demikian tegasnya.(hms-di01)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini23 pengunjung
Minggu Ini1.022 pengunjung
Bulan Ini5.029 pengunjung
Total Pengunjung84.690 pengunjung
Total Klik2.291.964 Kali