PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

APBD Kukar 2014 Diproyeksikan Rp 8 T Lebih

Pemerintahan    8 tahun yang lalu   
   1386 Kali

Sumber Foto: Bupati Rita disaksikan Ketua DPRD Salehudin dan Wakilnya Abdurahman menanda tangani pengesahan 2 Perda hasil program Legislasi Daerah (Prolegda) Baleg DPRD Kukar.(joe)

TENGGARONG – Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kutai Kartanegara  tahun anggaran 2014 mendatang di proyeksikan sebesar Rp 8 trilyun. Itu berarti dari aspek politik anggaran  terdapat peningkatan   dari tahun 2013 ini. 

Bocoran nilai sementara APBD Kukar 2014 itu disampaikan Bupati   Rita Widyasari saat menjabarkan  dokumen Kebijakan Umum Anggaran  Plafond Prioritas Anggaran Sementara (KUA PPAS) APBD   2014  dihadapan Rapat Paripurna IX DPRD Kukar Kamis malam lalu di Tenggarong. Rapat  tertib dipimpin Ketua DPRD Kukar Salehudin  diakhiri   penanda tangan pengesahan legislasi daerah yang diajukan pihak legislator. Disaksikan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kabupaten, Wakil Bupati Ghuron Yusuf, pejabat SKPD dan beberapa  tokoh masyarakat lainnya. Sejumlah asumsi terungkap dalam dokumen KUA - PPAS 2014 yang disampaikan Rita Widyasari.

Seperti  sisi pendapatan maupun pengeluaran daerah hingga   asumsi program kinerja daerah. Menurut Rita  secara kumulatif untuk sisi pendapatan daerah diperkirakan mencapai Rp 8 Trilyun lebih. Pendapatan ini terdiri dari PAD dan lainnya sebesar  Rp 4,33 Trilyun  dan sisanya dari dana perimbangan bagi hasil pajak dan non pajak. “Nilainya sebesar Rp 3, 70 trilyun,” ujarnya. Sedang tema pembangunan 2014 adalah Peningkatan mutu SDM  Kesetaraan Gender dan Transformasi SDA Didukung Pemantapan Tata Kelola Pemerintah. 

Menurut Rita KUA PPAS 2014 ini diarahkan pada 8 prioritas pembangunan diantaranya peningkatan mutu SDM yang produktif dan berdaya saing  melalui akses masyarakat terhadap pelayanan pendidikan dan kesehatan yang berkualitas. Kemudian meningkatkan pengawasan dan akuntabilitas birokrasi demi  tercipta pemerintahan yang bersih, selanjutnya penyelesaian tapal batas   antara daerah dan pembangunan infrastruktur untuk mengurangi isolasi wilayah. Bupati Rita juga mengharapkan agar KUA PPAS yang disampaikannya itu direspon dengan baik pihak dewan.

“Sehingga menghasilkan perencanaan daerah yang benar dan tepat sasaran,” demikian katanya. Rapat paripurna yang berlangsung terbuka untuk umum ini diakhiri dengan penanda tanganan 2 dokumen pengesahan Peraturan Daerah (Perda) yang diajukan Badan Legislasi (Baleg) DPRD Kukar. Yaitu tentang Pembentukan PT Among Sukawati sebagai anak Perusahan Daerah Tunggang Parangan  dan Perda bantuan tambahan keuangan bagi operasional maupun peningkatan kapasitas PDAM Tirta Mahakam. Penanda tanganan 2 perda ini dilakukan selain Bupati dan Ketua DPRD juga 3 wakil ketua dewan lainnya.(joe).


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini98 pengunjung
Minggu Ini1.460 pengunjung
Bulan Ini5.525 pengunjung
Total Pengunjung103.599 pengunjung
Total Klik2.725.287 Kali