PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Bagian Kesra Gelar Pelatihan Manajemen Masjid se- Kukar

Pemerintahan    2 tahun yang lalu   
   179 Kali

Sumber Foto: Asisten I Setkab Kukar saat menyampaikan sambutan.

TENGGARONG –Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) bekerjasama Perguruan Tinggi Ilmu Al Qur’an Jakarta dan MUI Kukar menggelar Pelatihan Manajemen Masjid di Pendopo Wakil Bupati Kukar, Senin (21/10/2019).

Kepala Bagian Kesra Supriyanto mengatakan pelatihan tersebut untuk mengubah pandangan masyarakat terhadap masjid, masjid dipandang diperuntukan hanya untuk ibadah saja, tapi masjid juga berfungsi menjadi pusat pembinaan bagi umat. “Masjid itu sebenarnya merupakan sentral untuk pembinaan umat baik masalah keagamaan maupun kemasyarakatan” ungkapnya.

“Dengan management masjid, fungsi masjid bukan hanya untuk melaksanakan ibadah ritual saja, melainkan sebagai tempat untuk kegiatan sosial dan pembiaan umat. Kegiatan ini kami gelar selama tiga hari dari Tanggal 21 s/d 23 Oktober 2019 dan diikuti sebanyak 250 peserta berasal dari pengurus masjid se Kukar,”kata Suprianto

Sementara itu, Bupati Kukar dalam pesan tertulisnya yang dibacakan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setkab Kukar Akhmat Taufik Hidayat mengatakan masjid memiliki peran yang sangat penting dalam peradaban umat Islam. Masjid merupakan pusat intelektuakitas, pusat aktivitas sosial, politik hingga ekonomi. Masjid mencerminkan seluruh aktivitas umat, masjid menjadi pengukur dan indicator dari kesejahteraan umat baik lahir maupun batin. Masjid sebagai pranata social Islam sekaligus media rahmatanlilalamin hanya bisa terwujud jika masjid menjalankan peran dan fungsinya secara optimal. Oleh karenanya, peran pengurus atau takmir masjid dalam malakukan manajeman yang professional tentu sangat dibutuhkan.

Menurut Bupati Kukar ada beberapa hal utama yang menjadi focus manajeman masjid yang baik, yaitu meliputi pengorganisasian, kemakmuran dan pemeliharaan. Ia menjelaskan salah satu fungsi pengorganisasian yaitu kemampuan mengembangkan berbagai kegiatan, menurutnya jika masjid makin dirasakan keberadaannya oleh jama'ah, hal tersebut sebagai tanda bahwa pembinaan dakwah dilingkungannya majsid tersebut berhasil. Jika ketiga hal dasar tersebut dapat diimplementasikan dengan baik, maka kejayaan umat Islam akan kembali terwujud. ( Medsi 04 ).


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kopidoni.com

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini68 pengunjung
Minggu Ini2.945 pengunjung
Bulan Ini11.808 pengunjung
Total Pengunjung210.893 pengunjung
Total Klik9.134.508 Kali