PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Balitbangda Gelar FGD Peristiwa Merah Putih Sangasanga

Pemerintahan    9 tahun yang lalu   
   1190 Kali

Sumber Foto:

TENGGARONG – Sangasanga merupakan ibukota Kecamatan Sangasanga, salah satu kecamatan yang terletak dikawasan pesisir Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), dan berjarak sekitar 51 kilometer dari ibukota Kabupaten Tenggarong. Selain dikenal sebagai kota penghasil minyak, Sangasanga juga menyimpan sejarah perjuangan mempertahankan merah putih yang dikenal dengan Peristiwa Merah Putih 27 Januari.

Namun peristiwa heroik tersebut sampai sekarang hanya dikenal di wilayah Kecamatan Sangasanga dan sekitarnya saja, padahal perjuangan para pejuang yang telah mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang ingin dirampas kembali oleh Belanda, telah menggoreskan sejarah perjuangan mempertahankan kemerdekaan, sampai pada perobekan warna biru pada bendera Belanda dan menyisakan merah putih.

Keinginan agar Peristiwa Merah Putih 27 Januari masuk menjadi sejarah nasional seperti halnya peristiwa perjuangan di Surabaya maka  pemerintah Kukar dalam hal ini Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kukar rencana akan menggelar Focus Group Discussion (FGD) di bulan Pebruari  mendatang dengan tematik terkait Peristiwa Perjuangan Merah Putih 27 Januari Sangasanga .

 â€œFGD ini nantinya akan melibatkan para pemangku kepentingan, baik dari unsur birokrasi, ormas, maupun swasta,  baik dari daerah, propinsi maupun narasumber (pakar sejarah) dari pusat, “ujar  Kepala Balitbangda Bahteramsyah

Menurut Bahteramsyah,  FGD ini nantinya akan merumuskan langkah-langkah yang harus diambil oleh para pemangku kepentingan, baik pada level pemerintah kabupaten, pemerintah propinsi, dan pemerintah pusat untuk  mengangkat sejarah perjuangan Sangasanga agar lebih dikenal luas dan dapat menjadi salah rujukan peristiwa perjuangan di daerah.

“Melalui FGD tersebut pengembangan Sangasanga sebagai Kota Wisata juang menjadi lebih  terarah dan terencana dengan melibatkan secara penuh semua stakeholders yang ada,” ujarnya lagi (hmp02)

TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini16 pengunjung
Minggu Ini1.015 pengunjung
Bulan Ini5.022 pengunjung
Total Pengunjung84.683 pengunjung
Total Klik2.291.736 Kali