PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

BKD Gelar CAT Bagi Calon Pejabat

Pemerintahan    8 tahun yang lalu   
   1219 Kali

Sumber Foto: Kepala BKD Kukar Ridha Darmawan saat menjelaskan sistem aplikasi CAT kepada Wamen PAN-RB RI Prof Eko Prasojo (berkopiah manik) dan Bupati Kukar Rita Widyasari (kanan).(joe)

TENGGARONG – Seleksi calon pejabat struktural di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara kini lebih dipermudah dengan menerapkan Computer system Assisted Test (CAT).  Dengan sistem berbasis  informasi teknologi (IT) ini maka  Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kukar mampu melakukan penghematan biaya maupun waktu sesuai tujuan reformasi birokrasi (RB). 

Kepala BKD Kukar HM Ridha Darmawan SP saat di temui di sela sela peninjauan Wakil Menteri (Wamen) Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Republik Indonesia (RI) Jumat pagi (20/12) kemarin mengatakan, jika penerapan CAT didalam seleksi pejabat struktural masuk dalam Quick Win atau Cepat Capai pelaksanaan RB di unit kerjanya. Menurutnya dilaksanakannya CAT lebih ditujukan untuk memetakan potensi dan kompetensi pegawai.

“Khususnya yang berpotensi untuk dipromosikan pada suatu jabatan struktural,” katanya. Menurutnya jika seleksi calon pejabat struktural secara manual seperti dilakukan selama ini maka selain butuh biaya tidak sedikit juga rentang waktu pelaksanaan hingga finalisasi hasil seleksi memakan waktu. Sedang dengan sistem CAT hanya butuh   sedikit dana dan waktunya relatif pendek. “Disamping itu hasil  seleksi ini dapat diketahui on time oleh peserta seleksi calon pejabat bersangkutan ketika usai mengikuti tes. “Sehingga dengan CAT tidak ada rekayasa, semuanya diatur melalui sistem yang sudah teraplikasi di sistem komputer,” katanya.  Disamping itu pelaksanaan CAT bisa dilakukan kapan saja selama dibutuhkan.

Menyinggung syarat mengikuti tes seleksi calon pejabat menurut  Ridha Darmawan antara lain golongan pangkatnya sudah cukup untuk dipromosikan. “Minimal pangkat pegawai yang bersangkutan adalah Penata atau III/C,” katanya.  Sementara menurut peserta seleksi Ike Noralita SPd staf Bagian Humas dan  Protokol Setkab Kukar mengakui jika materi tes seleksi berjumlah 75 pertanyaan dengan sistem jawaban   multiple  choice. Sedang materi tes teridiri dari 3 yaitu tentang intelejensia umum, wawasan kebangsaan serta karakter kepribadian . “Harapannya tentu aku lolos dalam tes ini,” demikian ujarnya.(hms-DI01)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: http://localhost:8041

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini299 pengunjung
Minggu Ini3.110 pengunjung
Bulan Ini12.538 pengunjung
Total Pengunjung230.388 pengunjung
Total Klik10.106.505 Kali