PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

BPJS Lakukan Perjanjian Kesehatan Dengan Pemkab Kukar

Pemerintahan    2 tahun yang lalu   
   262 Kali

Sumber Foto: Proses penandatanganan perjanjian kerjasama antara Kepala BPJS Cabang Samarinda Octovianus Ramba dan Plt Bupati Kukar Edi Damansyah disaksikan Gubernur Kaltim H Isran Noor dan Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Andayani Budi Lestari Tentang Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional bagi Penduduk Kabupaten Kutai Kartanegara (jpg)

TENGGARONG -Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS) Cabang Samarinda melakukan perjanjian kerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Tentang Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional bagi Penduduk Kabupaten Kutai Kartanegara di Gedung Wisma Ria Sangasanga, Minggu (27/1/2019).
 
Perjanjian tersebut ditandatangani masing-masing oleh Kepala BPJS Cabang Samarinda Octovianus Ramba dan Plt Bupati Kukar Edi Damansyah disaksikan Gubernur Kaltim H Isran Noor dan Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Andayani Budi Lestari. Adapun isi dalam perjanjian tersebut Pemerintah Kukar bermaksud untuk melaksanakan kewajiban menyediakan kepastian jaminan kesehatan sebagai salah satu kebutuhan dasar hidup yang layak bagi setiap penduduk diwilayahnya, sebagaimana diamanatkan UU No 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional, kemudian berdasarkan UU No 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial telah menetapkan BPJS Cabang Samarinda sebagai Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan.
 
“Tadi kita telah melakukan MoU bersama BPJS Cabang Samarinda, apa yang kita lakukan hari ini merupakan komitmen Pemerintah Kukar dalam memberikan jaminan kesehatan nasional di wilayah kesehatan Kabupaten Kukar,” kata Edi Damansyah dalam sambutannya. Menurutnya di Tahun 2010-2011 lalu, pemerintah daerah pada saat itu telah melaksanakan jaminan kesehatan kepada masyarakatnya yaitu melalui program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda), dimana pelayanan kesehatan seluruh masyarakat Kukar ditanggung pemerintah daerah. 
 
Setelah lahirnya jaminan kesehatan nasional, program Jamkesda harus diintegrasikan ke BPJS, perjalanannya dan tantangannya sangat banyak apalagi didalam perjalanannya Pemerintah Kukar mengalami devisit anggaran dan menurunnya pendapatan daerah. Namun, dikatakan Edi berkat dukungan dari dunia usaha yang tergabung dalam forum tanggung jawab sosial perusahaan Kukar, apa yang menjadi kendala pemerintah daerah tersebut bisa teratasi, melalui sinersigitas antara pemerintah daerah dan perusahaan tersebut bisa mendorong percepatan Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional di Kukar, yaitu mencapai mencapai 98 persen atau sebanyak 665.662 jiwa sampai 1 Januari 2019. 
 
“Baru perusahan yang bergerak disektor perkebunan sawit dan batubara yang bisa  bersinergi, sedangkan sektor migas dan kehutanan belum dapat dilakukan karena terbentur aturan yang mengatur CSR perusahaan yang bergerak disektor migas maupun kehutanan,” kata Edi Damansyah. Pada kesempatan ia juga meminta dukungan Gubernur Kaltim, untuk mengeluarkan kebijakan,  agar  Corporate social responsibility (CSR) perusahaan sektor migas dan kehutanan bisa langsung menyentuh masyarakat miskin, dengan menjamin kesehatannya melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).
 
Untuk diketahui, Pemerintah Kukar dinilai sukses dalam kepesertaan masyarakat Kukar dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) hingga mencapai 98 persen atau sebanyak 665.662 jiwa sampai 1 Januari 2019. Atas keberhasilan tersebut Kukar menerima Universal Health Coverage (UHC) Award yang diserahkan Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Andayani Budi Lestari usai penandatanganan kesepakatan tentang Perluasan Cakupan Kepesertaan Program JKN-KIS menuju UHC di Kaltim antara Gubernur Kaltim dan Deputi Direksi Wilayah Kaltimtengseltara BPJS Kesehatan di Gedung Wisma Ria PT. Pertamina Sangasanga. (Medsi02)

TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini103 pengunjung
Minggu Ini1.465 pengunjung
Bulan Ini5.530 pengunjung
Total Pengunjung103.604 pengunjung
Total Klik2.725.444 Kali